Karawang (ANTARA News) - Ratusan rumah di tiga desa di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cibeet, Senin.

Banjir itu telah merendam Desa Karangligar, Desa Sukamakmur, dan Desa Parungmulya.

Seorang warga korban banjir, Asep, mengatakan, sepanjang Minggu (12/1) hingga Senin, hujan deras terjadi di daerahnya.

Kondisi tersebut mengakibatkan Sungai Cibeet meluap sampai merendam sejumlah titik jalan raya, areal sawah dan pemukiman warga.

Pada Minggu malam hingga Senin pagi, warga korban yang tinggal di tiga desa di Kecamatan Telukjambe Barat itu menyelamatkan barang miliknya ke tempat yang lebih aman.

Data di Posko Pengungsian Desa Karangligar menyebutkan, terdapat ratusan rumah yang terendam banjir di sekitar Desa Desa Sukamakmur, Desa Parungmulya dan Desa Karangligar. Ratusan rumah yang terendam banjir itu dihuni lebih dari 1.000 jiwa.

Selain di tiga desa sekitar Kecamatan Telukjambe Barat, banjir juga terjadi di Perumahan Karaba Telukjambe Timur, Tanjungpura Kecamatan Karawang Barat, Pangkalan Kecamatan Telukjambe Barat, dan sejumlah daerah lainnya.

Tetapi banjir terparah terjadi di tiga desa sekitar Kecamatan Telukjambe Barat. Sedangkan daerah lainnya, banjir belum terlalu banyak merendam pemukiman warga.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014