Jakarta (ANTARA News) - Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI E Hudawi Lubis mengatakan, ratusan personel diturunkan untuk membantu penanganan banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, yang terjadi di sejumlah titik.

"Saat ini, kami sedang berupaya memperbaiki tanggul yang jebol di Perum Cimanggis Kampung Palsi Gunung Bukit Cengkeh," kata Pangdam Jaya usai menghadiri silaturahim dengan pimpinan media massa, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.

Menurut dia, sekitar 200 personel Kodam Jaya terdiri atas anggota Kodim 0508/Depok dipimpin langsung Letkol Inf M Zamroni selaku Dandim dan satu SSK (satuan setingkat kompie) dari Yonkav-7 Sersus dibantu warga masyarakat terjun menangani korban banjir.

Pangdam Jaya mengatakan, selain membantu perbaikkan tanggul yang jebol, Kodam Jaya juga membantu evakuasi ditiap sektor banjir di Ibu Kota. Prajurit Kodam Jaya/Jayakarta terus bergelut dengan air ditambah hujan yang terus turun untuk tetap memperbaiki tanggul jebol yang mengakibatkan banjir.

"Kodam Jaya juga mendirikan sejumlah dapur umum dari satuan logistik yang diperbantukan," katanya.

Pangdam Jaya menyebutkan, untuk wilayah Jakarta lainnya, penananganan banjir dan evakuasi korban dilakukan oleh prajurit Denzipur-3 Kodam Jaya. Bersama tim Kodam Jaya, sejumlah personel juga mendirikan posko siaga banjir di Kampung pulo mencakup wilayah Kampung Melayu dan Bidara Cina.

Di tempat yang sama, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, menambahkan, pihaknya siap mengerahkan seluruh kekuatan yang diperlukan dalam penanganan banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Pasti akan dibantu. Saya akan komunikasikan dengan Pemda," katanya.

Ia mengatakan, jika kekuatan yang ada di Jakarta tidak cukup untuk membantu penanganan banjir, maka pihaknya akan menarik pasukan yang ada di Jawa Barat untuk memberikan bantuan.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin, juga menambahkan, pasukannya standby di markas komando, manakala prajuritnya dibutuhkan dalam penanganan banjir di Jakarta.

"Bahkan, pada peristiwa banjir beberapa waktu lalu di Jakarta, TNI AL mengerahkan tank amfibi untuk membantu penanganan dan memantau situasi banjir di daerah Pluit, Jakarta Utara. Kita akan siapkan pasukannya," kata Ikin.

(S037/B015)

Pewarta: Syaiful H
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014