Di Jawa Barat terdapat 300 situ atau waduk, dan hanya sekitar 150 situ yang berfungsi,"
Karawang (ANTARA News) - Kondisi mayoritas situ atau danau di sekitar Provinsi Jawa Barat rusak dan tidak berfungsi dengan baik, sehingga perlu dilakukan perbaikan, kata Gubernur setempat Ahmad Heryawan, Rabu.

"Di Jawa Barat terdapat 300 situ atau waduk, dan hanya sekitar 150 situ yang berfungsi," katanya usai memantau kondisi banjir di salah satu lokasi banjir, Desa Karangligar, Kecamatan Karawang Barat, Karawang.

Ia mengatakan dari 150 situ di Jawa Barat yang berfungsi, tidak seluruhnya bagus. Karena itu perlu dilakukan perbaikan situ yang rusak dan normalisasi untuk situ yang tidak berfungsi dengan baik.

Ia menilai pada dasarnya keberadaan situ yang tersebar di berbagai daerah sekitar Jawa barat perlu diperhatikan karena bisa mengurangi banjir parah yang merendam permukiman warga, jika terjadi luapan air sungai.

"Air sungai yang meluap bisa tertampung di situ, sehingga bisa meminimalisir banjir di daerah-daerah yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan," kata dia.

Dalam melakukan antisipasi banjir, selain melakukan perbaikan dan normalisasi situ, juga perlu dilakukan penataan hulu sungai sampai ke hilir. Itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi banjir jangka panjang.

"Dari hulu sungai di Gunung Wayang sampai hilir sungai di Muara gembong harus ditata dengan baik dalam melakukan antisipasi banjir jangka panjang. Penghijauan-penghijauan di dari hulu ke hilir juga perlu dilakukan dengan baik," katanya.

(KR-MAK/B015)

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014