Batam (ANTARA News) - Pesepakbola klub asal Inggris Mancester United Eric Cantona dipastikan akan mengambil ikut serta balap sepeda Tour de Barelang yang diselenggarakan Pemerintah Kota Batam bekerja sama dengan Syco Sport Singapura pada Mei 2014.

"Jika tidak ada halangan berarti, Eric Cantona akan ikut ambil bagian di Tour de Barelang, dia akan ikut balapan, tapi tujuan utamanya untuk amal," kata Kepala Bidang Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Batam Rudi Panjaitan di Batam, Kamis.

Di Batam, Eric Cantona yang hadir bersama tim dan sponsor dari Barclays Premier Inggris juga akan melakukan penanaman pohon dan aksi amal lainnya.

Dengan kehadiran pemain bola dunia, maka diharapkan dapat merangsang jumlah peserta Tour de Barelang dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan manca negara dan domestik ke Kota Batam.

"Kami dukung, dan kami pastikan jumlah pengunjung wisata Tour de Barelang ini akan meningkat drastis," kata Rudi.

Sampai saat ini, ia memastikan ratusan peserta dari 28 negara akan mengikuti Tour de Barelang. Selain itu, Dinas Pariwisata Kota Batam juga mengundang pesepeda dalam negeri untuk ikut serta dalam agenda tahunan itu.

"Pembalap lokal juga akan banyak ambil bagian," katanya.

Sementara itu, perwakilan Syco Sport Singapura Gavin Kremer mengatakan akan mencoba mendatangkan pesohor internasional lainnya.

Mengenai kedatangan Eric Cantona, ia mengatakan sejak awal sudah mengundang bintang lapangan sepak bola itu.

"Kebetulan acara ini sejalan dengan program Mancaster United. Mereka juga mengirimkan pesepakbolanya yang lain ke acara-acara serupa. Dan untuk Batam, Eric Cantona," kata dia.

Tour de Barelang 2014 akan dimulai dari jembatan satu Barelang hingga jembatan enam dan kemudian memutar kembali ke jembatan satu.

"Dengan gencarnya kita menggelar Tour de Barelang ini. Maka kita berharap warga Singapura bisa bersepeda sekaligus menikmati keindahan Batam setiap akhir pekan," katanya.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014