Saat ini, masih ada beberapa dokumen yang belum rampung. Bukan hanya itu, bus-bus tersebut masih harus melalui uji kelayakan terlebih dahulu. Kira-kira akhir Januari baru bisa beroperasi,"
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menargetkan bus tingkat wisata City Tour dapat dioperasikan untuk umum mulai akhir Januari 2014.

"Saat ini, masih ada beberapa dokumen yang belum rampung. Bukan hanya itu, bus-bus tersebut masih harus melalui uji kelayakan terlebih dahulu. Kira-kira akhir Januari baru bisa beroperasi," kata Kepala Disparbud DKI Arie Budhiman di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut Arie, setelah diresmikan, bus-bus tingkat tersebut masih dioperasikan dalam masa uji coba sampai tiga bulan kedepan dan penumpang yang naik tidak dikenakan biaya atau gratis.

Setelah melewati masa uji coba, sambung dia, selanjutnya akan diterapkan sistem tiket. Sehingga, bagi yang ingin menaiki bus tingkat tersebut harus memiliki tiket terlebih dahulu.

"Jadi, setelah tiga bulan, kita akan evaluasi lagi. Kita mau buat sistem ticketing (tiket), sekaligus manajemen pengawasan dan pengendaliannya. Sekaligus, kemungkinan adanya tarif atau tetap gratis. Nanti, kita evaluasi lagi," ujar Arie.

Lebih lanjut, dia menuturkan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dapat memperoleh tiket bus tingkat itu di bandara, hotel dan pusat perbelanjaan.

Setiap bus, lanjut dia, akan dilengkapi oleh tiga awak, yakni pengemudi, pemandu wisata dan keamanan. Pemandu wisata yang ada didalam bus itu merupakan profesional yang berasal dari Himpunan Pramuwisata Nasional.

Dia mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan dua rute yang akan dilewati oleh bus tingkat City Tour dengan waktu operasional mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB setiap hari.

"Rute satu diperuntukkan bagi kelima bus yang sudah ada saat ini. Sedangkan rute dua masih kita tunggu kedatangan bus-bus tingkat selanjutnya," ungkap Arie.

Rute satu, yakni Bundaran HI-Medan Merdeka Barat-Harmoni-Juanda-Gedung Kesenian Jakarta-Gereja Kathedral-Masjid Istiqlal-Juanda-Medan Merdeka Utara-Istana Negara-Balai Kota-MH Thamrin-Bundaran HI.

Sedangkan, rute dua, yaitu Bundaran HI-Sudirman-Semanggi-Gatot Subroto-Hotel Sultan-JCC-TVRI-Hotel Mulia-Senayan (Plaza Senayan) dan Senayan City-Patung Pemuda-Sudirman-Semanggi-Bundaran HI.

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014