Jakarta (ANTARA News) - Memasuki tahun 2014, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) menetapkan 179 kegiatan promosi secara intensif dan terkoordinasi di dalam dan luar negeri.

Kegiatan promosi ini diharapkan mampu menjadi ujung tombak pemasaran untuk meningkatkan kesadaran kualitas produk barang dan jasa Indonesia di pasar tujuan ekspor nontradisional, sekaligus mempertahankan kehadiran Indonesia di pasar ekspor tradisional, kata Direktur Jenderal PEN, Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak.

"Program kegiatan promosi tersebut bersinergi dengan aparat Kementerian Perdagangan di luar negeri dan sejalan dengan tujuan Ditjen PEN untuk meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia. Selain itu, Ditjen PEN akan kembali menyelenggarakan Trade Expo Indonesia ke-29 pada 8–12 Oktober 2014 dan mendukung kegiatan promosi di dalam negeri," katanya dalam siaran pers.

Ia menyatakan, sektor industri bernilai tambah yang akan difasilitasi dalam seluruh kegiatan promosi tersebut adalah mainan, makanan dan minuman olahan, bahan bangunan, consumer goods, fesyen dan aksesori, rumah dan gaya hidup, kosmetik, furnitur, perhiasan, komponen otomotif, alat-alat kesehatan, software development, produk-produk daur ulang dan ramah lingkungan, serta produk-produk halal.

Lebih lanjut, Dirjen PEN menjelaskan, dari kegiatan promosi tersebut sebanyak 55 persen kegiatan akan dilaksanakan di wilayah pasar nontradisional dengan rincian pasar ASEAN sebesar 13,41 persen; Asia 11,73 persen; Afrika 8,94 persen; Amerika Latin 7,3 persen; Timur Tengah 6,15 persen; Eropa Timur 4,47 persen; dan Australia 2,79 persen.

Sementara kehadiran Indonesia di pasar tradisional tercatat sebesar 41 persen dengan cakupan wilayah Amerika Serikat dan Kanada sebesar 14,53 persen; Eropa 14,53 persen; dan Jepang 11,73 persen.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, eksportir dapat mengunjungi website Kementerian Perdagangan di www.kemendag.go.id dan website Ditjen PEN di www.djpen.kemendag.go.id.

Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014