Bagi yang terbiasa menggunakan jasa kereta api untuk sementara waktu bisa menggunakan alternatif transportasi yang lain bila ingin mengejar waktu...
Jakarta (ANTARA News) - Kereta Commuter Line belum bisa melalui Stasiun Kereta Api Tanah Abang karena rel kereta masih terendam banjir, kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Jabodetabek, Agus Komarudin.

"Saat ini debit air masih lima senti di atas rel kereta, air mulai naik dari semalam akibat hujan deras," kata Agus ketika dihubungi lewat telepon pada Sabtu pagi.

Menurut Agus, debit air yang menggenangi Stasiun Tanah Abang mencapai puncak sekitar pukul enam pagi, membuat rel tergenang air setinggi delapan hingga sepuluh senti meter.

Genangan air pada rel kereta membuat beberapa perjalanan Kereta Api Commuter Line terganggu.

Perjalanan kereta dari Parung Panjang atau Serpong menuju Tanah Abang untuk sementara waktu hanya berakhir di Stasiun Palmerah.

Perjalanan kereta dari Jatinegara menuju Depok yang melalui Manggarai, menurut Agus, untuk sementara waktu hanya bisa sampai ke Kemayoran karena rel kereta yang melalui wilayah Kampung Bandan masih terendam air setinggi sekitar 10 sentimeter.

"Begitu pula untuk Commuter Line dari Bogor menuju Jatinegara yang melewati Kampung Bandan, untuk sementara dibatalkan," katanya.

Sementara kereta Commuter Bogor menuju Jakarta Kota dan sebaliknya serta kereta dari Bekasi ke Jakarta Kota dan sebaliknya tetap beroperasi, tambah dia.

Namun, Agus mengatakan, jadwal perjalanan Commuter Line Bekasi-Jakarta Kota dan Bogor-Jakarta Kota terganggu karena antrean kereta di Stasiun Manggarai cukup banyak.

"Sekali lagi kami mohon maaf atas perjalanan pengguna Commuter Line yang terganggu pada saat ini. Bagi yang terbiasa menggunakan jasa kereta api untuk sementara waktu bisa menggunakan alternatif transportasi yang lain bila ingin mengejar waktu," ujar Agus.


Pewarta: Maria Rosari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014