Bantuan yang dikerahkan mulai Jumat (17/1) kemarin di Jakarta Timur untuk melayani Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Kampung Melayu, dan Posko Utama GOR Otista dengan total jumlah pengungsi sebanyak 1.643 jiwa
 Jakarta (ANTARA News) - Tiga unit mobil tangki air berkapasitas 4.000 liter dan tiga unit Mobil Toilet dimobilisasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan dioperasikan Satgas Tanggap Darurat Bencana Ditjen Cipta Karya untuk korban banjir Jakarta.

"Bantuan yang dikerahkan mulai Jumat (17/1) kemarin di Jakarta Timur untuk melayani Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Kampung Melayu, dan Posko Utama GOR Otista dengan total jumlah pengungsi sebanyak 1.643 jiwa," kata Sekretaris Ditjen Cipta Karya, Dadan Krisnandar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, peralatan tersebut sudah dioperasikan oleh Satgas Tanggap Darurat Bencana Ditjen Cipta Karya di dua lokasi pengungsian, yaitu di Kantor Sub Dinas Kesehatan Jakarta Timur dan STIKES Binawan Kalibata Jakarta Selatan.

Ia mengemukakan, guna mengantisipasi prediksi kondisi cuaca, Direktorat Jenderal Cipta Karya juga saat ini menerapkan Siaga Darurat dengan sejumlah upaya antara lain menyiapkan peralatan di Depo Pejompongan.

Dadan menyebutkan, peralatan yang disiapkan di Posko Pejompongan antara lain berupa tiga unit Mobil Tangki Air kapasitas 4.000 liter, dua unit Toilet Mobile, 10 unit Hidran Umum, tiga unit Truck Angkut, satu unit Pompa Banjir, empat unit Perahu Karet, 10 unit Pengolah Air Cepat (PAC), dan peralatan pendukung lainnya.

Selain di Jakarta Timur, lokasi pengungsian di wilayah lainnya antara lain di Jakarta Selatan yaitu Bukit Duri, dan Posko depan Pos PPI.

Sementara untuk wilayah Jakarta Pusat yaitu di Karet Tengsin, dan POSKO Depan Koramil Pejompongan.

Sedangkan di Jakarta Barat ada di Kedoya Utara, Duri Kepa, Cengkareng Barat, Duri Kosambi, Kedaung Kaliangke, Rawa Buaya, Kapuk, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Jatipulo, dan Tegal Alur.

Terakhir, di Jakarta Utara tersebar di Semanan Tanjung Priok, Warakas, Papanggo, dan Sunter Jaya.

Sebagaimana diberitakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, jumlah warga yang mengungsi akibat banjir DKI Jakarta mencapai 10.530 jiwa.

"Data saat ini 10.530 pengungsi di 97 titik," Kata Kepala BNPB Syamsul Maarif dalam konferensi pers penanganan banjir di Jakarta, Sabtu (18/1).

BNPB juga mencatat tujuh orang meninggal dunia yang lima di antaranya akibat dampak langsung banjir seperti tenggelam dan kesetrum listrik sementara dua lainnya meninggal akibat sakit yang diderita sebelumnya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014