Palu (ANTARA News) - Jalur darat Tolitoli-Buol di Sulawesi Tengah yang sempat terisolir akibat bencana tanah longsor, kini sudah bisa dilewati kendaraan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli, Salsman Supari, Senin mengatakan sejak Minggu (19/1) kendaraan dari arah Buol menuju Tolitoli dan sebaliknya sudah bisa melintas dengan lancar.

Ia mengatakan jalur yang menghubungkan dua kabupaten di bagian utara Sulteng itu putus total akibat tanah longsor pada 16 Januari 2014.

Jalur darat yang putus total selama beberapa hari itu menyulitkan pendistribusian bantuan bagi warga di sejumlah desa yang dilanda banjir di Kabupaten Tolitoli.

Selama jalur tidak bisa dilewati, warga dari dan ke Kabupaten Tolitoli dan Buol terpaksa menggunakan jalur laut menggunakan kapal motor.

Meski demikian Salsman mengatakan bantuan berupa bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya hingga kini masih disalurkan kepada warga yang desanya terendam banjir.

Selain bantuan dari pemerintah daerah melalui BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli, berbagai organisasi masyarakat, donatur dan organisasi agama di daerah itu juga ikut memberi bantuan dalam bentuk bahan makanan bagi masyarakat yang tertimpa bencana alam.

Dia juga mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap banjir dan tanah longsor karena seluruh wilayah Kabupaten Tolitoli masih diguyur hujan.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014