Seoul (ANTARA News) - Korea Utara akan kirim tim sepak bola putra dan putri ke Korea Selatan untuk ajang Asian Games 2014 di Incheon, Korsel, kendati suhu politik dua negara tetangga itu masih memanas, demikian siaran kantor berita resmi pada Senin.

Kantor berita resmi Korut KCNA mengatakan, Asian Games merupakan salah satu dari beberapa event dimana sepak bola dipertandingkan di ajang itu tahun ini.

Korut dan Korsel mencapai suhu politik yang memanas sehubungan dengan pembangunan pangkalan nuklir Pyongyang sehingga hal itu memicu Korsel dan AS melakukan penggabungan latihan militer.

Tim sepak bola putri Korut tahun lalu memenangi turnamen sepak bola Piala Asia Timur di Korsel.

Dua negara Korea itu secara teknis menyatakan perang karena tidak ada penandatanganan kedamaian pada akhir Perang Korea pada 1950-53.

Korsel tahun lalu telah mengundang negara tetangga yang berideologi komunis itu melalui Dewan Olimpiade Asia untuk mengikuti Asian Games di Incheon.

Korut juga hadir pada Asian Games 2002 di Budan, Korsel, sebelumnya sempat memboikot Asian Games Seoul 1986, dan juga olimpiade musim panas 1988 di Korsel, demikian Reuters.

(Uu.A020/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014