Mapala UI siapkan bantuan ke Subang

Mapala UI siapkan bantuan ke Subang

Tim SAR dan relawan mengevakuasi warga menggunakan perahu karet ketika banjir melanda di Pamanukan, Subang, Jawa Barat, Senin (20/1). Banjir akibat meluapnya Sungai Cipunagara dan jebolnya Tanggul Cigadung di Desa Mariuk Kec. Tambakdahan itu merendam beberapa Kecamatan di Kabupaten Subang dan menyebabkan ribuan jiwa terpaksa mengungsi. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Untuk awal kami akan terjunkan satu tim (4 orang) untuk membantu korban banjir di Subang
Depok (ANTARA News) - Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) menyiapkan bantuan kepada korban banjir di daerah Subang, Jawa Barat untuk meringankan masyarakat setempat yang terkena dampak musibah bencana alam tersebut.

"Sekarang sedang kita persiapkan bantuannya, nanti malam kita berangkat," kata Ketua Mapala UI Ridwan Hakim, di Depok, Selasa.

Ia mengatakan korban banjir di Subang belum mendapat bantuan yang maksimal dari berbagai pihak, lain halnya dengan korban banjir di Jakarta dan sekitarnya yang sudah banyak dibantu.

"Korban banjir di Subang belum tersentuh, kami akan terjun kesana," ujarnya.

Untuk itu kata dia pihaknya telah menyiapkan tiga perahu karet dan satu tim Mapala UI untuk terjun langsung memberikan bantuan dan juga akan melakukan evakuasi terhadap warga setempat yang terisolasi akibat banjir.

"Untuk awal kami akan terjunkan satu tim (4 orang) untuk membantu korban banjir di Subang," katanya.

Selain itu pihaknya juga masih melakukan koordinasi untuk memberikan bantuan berupa obat-obatan, makanan, dan juga selimut bagi korban bencana alam tersebut. "Bantuan ini sangat diperlukan bagi masyarakat korban banjir," jelasnya.

Mantan Ketua Mapala UI Ismatullah mengatakan pihaknya selama banjir ini memang belum mendirikan posko bantuan di lokasi banjir Jakarta dan sekitarnya karena sudah banyak posko yang ada untuk membantu korban banjir.

"Korban banjir di Subang yang belum mendapat bantuan, kita akan kirim tim kesana," ujarnya.

Ia mengatakan banjir di Subang sudah cukup parah dan warganya perlu segera mendapat pertolongan. Mapala UI selama ini katanya juga telah menyalurkan bantuan kepada korban banjir yang berada di Kampung Pulo Jakarta.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

BPBD Pekalongan Siaga Bencana Banjir Rob

Komentar