Setelah enam tahun menyusul krisis dramatis, upaya-upaya yang telah dilakukan berhasil membuat sistem lebih aman daripada pada 2007 dan 2008."
Davos, Swiss (ANTARA News) - Para pakar keuangan terkemuka pada Rabu mengatakan bahwa sistem keuangan internasional sekarang lebih aman daripada lima tahun lalu, tetapi masih ada risiko besar.

Pada sebuah perdebatan bertajuk "Apakah pasar lebih aman sekarang", pimpinan HSBC Douglas Flint mengatakan pasar keuangan lebih aman daripada kembali pada 2009 karena perubahan perilaku telah memberikan kontribusi terhadap sistem keuangan yang lebih sehat dan dapat menahan guncangan lebih baik dari sebelumnya, lapor Xinhua.

"Setelah enam tahun menyusul krisis dramatis, upaya-upaya yang telah dilakukan berhasil membuat sistem lebih aman daripada pada 2007 dan 2008," kata Douglas.

Douglas mencatat bahwa meskipun sistem dapat menahan guncangan yang lebih baik, bukan berarti tidak ada risiko. Namun, ada lebih banyak transparansi dalam hal risiko "counterparty".

Kepala eksekutif Barclays Antony Jenkins juga setuju dengan Douglas bahwa sistem keuangan lebih aman, tetapi dia pikir salah untuk hanya fokus pada bank-bank. Dia mengatakan bahwa kuncinya adalah menjaga semangat para bankir tetap terkendali.

Paul Singer, pendiri serta kepala eksekutif dan pejabat investasi fund manager Elliott Management, juga pada panel. Dia berargumen bahwa perbaikan yang relatif kecil tidak bisa membuat hal-hal lebih aman dan memperingatkan bahwa bank-bank masih terlibat dalam produk-produk eksotis yang menimbulkan risiko besar.

"Nilai nosional derivatif secara agregat adalah 36 persen lebih tinggi dari sebelum krisis. Tidak ada yang tahu jumlah pasti dan tidak sempurna, tapi tidak ada yang berubah dari 2008," kata Singer.


Penerjemah: Apepe Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014