para kapolres juga diminta segera membuat rencana kemungkinan kontijensi dan dilatihkan kepada para anggota dan merumuskan program sistem pengamanan kota dan melatih anak buahnya...
Ambon (ANTARA News) - Seluruh Kapolres yang berada di bawah wilayah Kepolisian Daerah Maluku diarahkan Kapolri untuk menyiapkan rencana pengamanan berbagai tahapan pemilu legislatif dan presiden 2014.

"Arahan ini merupakan pesan Kapolri ke Polda Maluku yang sedang melakanakan rapat pimpinan (Rapim) Polda sebagai persiapan awal menghadapi pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung April mendatang," kata Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Murad Ismail di Ambon, Selasa.

Rencana pengamanan berbagai tahapan pemilu dimaksud mulai dari proses pelaksanaan distribusi logistik pemilu, masa kampanye, penghitungan suara, pelantikan anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Menurut Kapolda, para kapolres juga diminta segera membuat rencana kemungkinan kontijensi dan dilatihkan kepada para anggota dan merumuskan program sistem pengamanan kota dan melatih anak buahnya sehingga seluruh satuan kewilayahan Polri dapat mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam pengamanan pemilu.

Melalui Rapim Polda dua hari yang berlangsung sejak Senin, (27/1), diharapkan segenap unsur pimpinan Polda dan Polres jajaran memiliki kesamaan persepsi, pola pikir dan pola tindak dalam menyikapi serta mengantisipasi perkembangan situasi gangguan keamanan dalam negeri serta pemilu 2014.

"Pimpinan Polda dan Polres juga diharapkan dapat menjabarkan serta melaksanakan seluruh arah kebijakan pimpinan Polri dan meningkatkan peran maupun partisipasi penyelenggara pemilu, parpol, instansi terkait, pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan pemilu," ujar Kapolda.

Untuk itu, Rapim Polda Maluku ini juga dimaksudkan guna merumuskan dan menerapkan terobosan kreatif dalam rangka akselerasi pencapaian program Grand Strategi Polri tahap II Partnership Building yang tahun ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan program tersebut.

Termasuk didalamnya adalah persiapan penyusunan rencana strategis Polri tahun 2015-2019, serta melakukan analisa dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas operasional dan pembinaan triwulan IV tahun 2014 di Polda Maluku.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014