Tangerang (ANTARA News) - Normalisasi Sungai Cisadane di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang, Banten, akan mulai dikerjakan pada 2015, kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, anggaran untuk normalisasi Sungai Cisadane di Tangerang adalah Rp1,9 triliun yang berasal dari Kementrian Pekerjaan Umum.

Arief melanjutkan, pengerjaan normalisasi sungai ini berlangsung selama tiga tahun, sejak 2015 sampai 2018.

Panjang Sungai Cisadane di Kota Tangerang adalah 21 kilometer dan sebelum normalisasi mulai, Pemkot Tangerang akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai.

"Tahun ini akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar bantaran Sungai Cisadane agar proses normalisasi berjalan lancar," kata dia.

NormalisasiCisadane dilakukan Kementrian Pekerjaan Umum setelah diminta Pemkot dan Pemkab Tangerang menyusul terendamnya sejumlah perumahan di Kota dan Kabupaten Tangerang.

Pemkot dan Pemkab Tangerang menolak rencana sodetan Ciliwung - Cisadane yang digagas Pemprov DKI Jakarta, sebaliknya meminta normalisasi Cisadane terlebih dahulu. Kementrian Pekerjaan Umum menyetujui usul ini, begitu pula Pemprov DKI Jakarta.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014