Karimun, Kepri (ANTARA News) - "Dewa Rezeki" membagi-bagikan angpao, amplop merah berisi uang, menyemarakkan suasana menyongsong Imlek 2565/2014 di Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu.

"Dewa Rezeki" yang diperankan seorang pria dengan mengenakan pakaian kerajaan khas Cina berupa mahkota dan jubah merah membagi -bagikan "angpao" kepada warga masyarakat sejak Selasa malam.

Aksi dewa berjangggut tebal dan panjang itu dipusatkan di Vihara Cetiya Vidya Sagara Klenteng Zhu Ong Ya dalam perayaan Tahun Baru Imlek yang digelar Perkumpulan Marga Ang, salah satu marga suku Tionghoa.

Ratusan warga baik anak-anak maupun dewasa berebutan mengerubungi sang dewa yang menebar senyum.

Selain dimeriahkan aksi bagi-bagi angpao vihara itu disemarakkan dengan bazar makanan yang dimulai sejak 21 Januari 2013.

Para pengunjung, tidak hanya warga Tionghoa, tetapi masyarakat suku lain setiap hari memadati arena bazar tersebut.

Ketua penyelenggara sekaligus Ketua Marga Ang Kabupaten Karimun Ahong mengatakan, ritual bagi-bagi angpao oleh "Dewa Rezeki" merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap perayaan Tahun Baru Imlek.

"Bagi-bagi angpao merupakan tradisi di kalangan warga Tionghoa. Dan merupakan simbol rasa solidaritas dan kesetiakawanan sosial karena memiliki makna berbagi dengan saudara yang kurang beruntung," katanya.

Menurut Ahong, perayaan Imlek tidak hanya untuk bergembira, tetapi juga untuk meningkatkan persaudaraan di antara sesama.

"Bang-bagi angpao memiliki arti doa agar rezeki makin lancar. Bagi orang Tionghoa, uang dalam angpao harus disimpan, tidak boleh dibelanjakan. Mudah-mudahan angpao itu memperlancar rezeki," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Meral yang juga politikus Partai Gerindra Zaizulfikar menyambut baik kemeriahan perayaan Imlek tersebut.

"Kami mengapresiasi kegiatan tersebut, tidak hanya untuk memeriahkan Imlek. Tapi untuk mempererat persaudaraan karena yang memeriahkan kegiatan itu tidak hanya warga Tionghoa, tetapi juga masyarakat umum," ucap Zaizulfikar yang juga caleg DPRD Karimun dapil Meral-Tebing-Meral Barat.

Menurut dia, masyarakat juga dapat berbelanja dengan harga murah pada bazar Imlek yang disiapkan panitia.

(KR-RDT/A013)

Pewarta: Rusdianto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014