... sempat dilarang terbang oleh pemerintah Kabupaten Jayawijaya karena kedapatan membawa ratusan minuman keras ke Wamena... "
Sentani, Papua (ANTARA News) - Republic Express (RPX) Airlines yang menjadi salah satu angkutan kargo di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, per 28 Januari 2014 mulai beroperasi kembali pascapelarangan terbang ke wilayah Wamena.

RPX Airlines yang melayani rute angkutan kargo untuk wilayah Sentani-Wamena-Sentani, sempat dilarang terbang oleh pemerintah Kabupaten Jayawijaya karena kedapatan membawa ratusan minuman keras ke Wamena.

Pejabat pemasaran PT Caraka Andalan Semesta, Ahmad Maprima, sebagai pencarter tunggal maskapai penerbangan itu di wilayah Papua, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya sempat tidak melakukan aktivitas (vakum) hampir 1,5 bulan pascakejadian tersebut.

"Sebagai perbaikan kami, hal pertama yang kami lakukan adalah dengan memperbaiki prosedur operasi standar yang ada yaitu memperketat barang-barang yang hendak dikirim menggunakan RPX," kata dia, di Sentani, Sabtu.

Maprima menjelaskan, pihaknya kini akan membuka dulu setiap paket barang yang hendak dikirim melalui perusahaannya di depan si pengirim sehingga jika ditemukan ada yang tidak beres, dapat segera dipertanggungjawabkan oleh si pengirim.

"Kami tidak ingin mengulangi peristiwa yang sama. Pasalnya, akibat peristiwa ini kami mengalami kerugian besar atau hampir miliaran rupiah," katanya.

Ia mengatakan, paket barang yang hendak dikirim dengan berat di atas 15 koli akan diendapkan di gudang RPX untuk diperiksa secara lebih teliti.

"Untuk paket barang di bawah 15 koli, dapat langsung dikirimkan ke tempat tujuan karena bisa langsung diperiksa oleh karyawan kami pada hari itu juga," urainya.

Ia menjelaskan dengan adanya SOP baru ini diharapkan dapat memperbaiki citra RPX yang hampir kehilangan kepercayaan konsumen pengguna angkutan kargo. Selain itu, meskipun paketan barang dibuka kembali, akan dipacking dengan rapi seperti sebelumnya.

"RPX melayani 5lima kali penerbangan dalam sehari dengan berat 12 ton per penerbangan, sehingga jika dihitung dalam sebulan RPX dapat mengangkut 250 ton BBM, sembako maupun material bangunan," ujarnya.

RPX adalah maskapai penerbangan kargo berpusat di Indonesia dan dimiliki RPX Group. Maskapai ini menerbangi Kota Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Singapura dan Surakarta. Sejak 1985, RPX memiliki lisensi dari Federal Express untuk beroperasi di Indonesia.

Pewarta: Hendrina Kandipi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014