Dapat saja sebuah tim ke sini (Etihad Stadium), kemudian mereka tampil bertahan, dan tim lawannya berusaha tampil lebih baik dengan melancarkan serangan.
Manchester (ANTARA News) - Gagal memenuhi target kemenangan melawan West Ham di Stamford Bridge? Bagi profesional sekelas Jose Mourinho, capaian itu jelas-jelas memilukan, dan ia menunjukkan tanggungjawabnya dengan berkomentar bahwa Chelsea tengah menghadapi "tim dengan gaya sepakbola abad 19".

Beroleh hasil imbang melawan West Ham pekan lalu, Mourinho berargumentasi bahwa skuad asuhannya mampu mendominasi penguasaan bola dan mampu melepaskan 39 tembakan ke arah gawan lawan, tetapi apa mau dikata, pertahanan The Hammers demikian kokoh sulit ditembus.

Dibayang-bayangi taktik "memarkir bis" di depan gawang, Mourinho yang berjuluk "The Special One" kali ini memerlukan sebilah martil untuk menghajar pertahanan Manchester City di Etihad Stadium. The Blues akan menyambangi The Citizen dalam laga Premier League yang dihelat pada Senin (3/2), Selasa dini hari, pukul 03.00 WIB.

Pelatih City Manuel Pellegrini siap merespons ajakan berduel dari Mourinho. Diibaratkan, Pellegrini berujar, siapa takut lawan dia?

Pelatih Chile tidak sekedar gertak sambal. Ia mengetahui, melakukan sesuatu, dan meraih hasil. Inilah dogma yang berlaku bagi mereka yang ingin disebut profesional. Jika seorang profesional gagal mewujudkan target, maka ujaran yang ngepas bagi dia, "ke laut aja".

Pellegrini bukan sosok profesional yang suka memproduksi mimpi. Di bawah arahannya, City melalui delapan partai terakhir di Premier League dengan mengukir delapan kemenangan dengan melesakkan 27 gol, atau hampir rata-rata empat gol per satu partai.

City demikian perkasa. Edin Dzeko dan kawan-kawan sudah mengeoleksi 115 gol di seluruh ajang atau 68 gol dicetak hanya di liga. Catatan ini sungguh tak tertandingi di Premier League.

Chelsea di bawah arahan pelatih asal Portugal itu membuktikan profesionalisme dengan menorehkan rekor bagus bila berlaga di kandang lawan.

Blues tampil sebagai skuad langganan menundukkan Citizen di kandangnya sejak meniti buih di Premier League. Chelsea menggotong 10 kali kemenangan dari Manchester dalam 16 lawatan ke markas tamu.

Catatan duel kedua tim:
* October 2013, Premier League, Chelsea 2 (Schurrle, Torres) Man City 1 (Aguero)
* April 2013, Pial FA, Chelsea 1 (Ba) Man City 2 (Nasri, Aguero)
* Februari 20113, Premier League, Man City 2 (Toure, Tevez) Chelsea 0
* November 2012, Premier League, Chelsea 0 Man City 0
* Agustus 2012, Community Shield, Chelsea 2 (Torres, Bertrand) Man City 3 (Toure, Tevez, Nasri)

Statistik kedua tim:
Manchester City:
* City telah menyarangkan 42 gol dalam 11 pertandingan yang digelar di Etihad sepanjang musim ini.
* Chelsea hanya sekali mendulang kemenangan dalam enam laga melawan City, sekali imbang dan empat kali kalah.
* Sergio Aguero, yang telah mencetak delapan gol, sedang mengalami cedera hamstring. Ia disebut-sebut bakal absen melawan Chelsea.  
* City mencatatkan rekor delapan kali menang secara beruntun. Capaian ini kali pertama sejak perjalanan 1946-1947.
* Edin Dzeko telah menganugerahkan empat gol bagi City dalam lima pertandingan di ajang Premier League.  
* Alvaro Negredo telah menyarangkan 16 gol dalam 13 penampilannya di Etihad Stadium.

Chelsea:
* Chelsea menangguk lima kali menang sebelum akhirnya ditahan imbang oleh West Ham pada pekan lalu.
* Chelsea hanya kebobolan 20 gol, catatan ini relatif terbaik dalam sejarah Premier League.  
* Eden Hazard telah mengemas sembilan gol musim lalu.

Komentar dua pelatih:   
 
Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Bagi kami, yang sangat penting yakni menghadapi pertandingan siapapun lawannya. Kami tidak tahu apakah kami mencetak gol atau tidak. Kami tidak melulu berpikir untuk mencetak gol. Dalam sepak bola, segala sesuatunya dapat saja terjadi."

"Bisa saja, satu tim dihinggapi rasa takut, tim yang lain tidak takut. Dapat saja sebuah tim ke sini (Etihad Stadium), kemudian mereka tampil bertahan, dan tim lawannya berusaha tampil lebih baik dengan melancarkan serangan. Dan kami di sini bertanding di Etihad."

"Saya tidak ingin pertandingan ini hanya semata-mata urusan yang berkaitan dengan Mourinho dan saya pribadi."

Jose Mourinho (Chelsea):
"City relatif banyak mencetak gol. Normalnya, ketika Anda menerapkan taktik dengan sangat bertahan, dan Anda kemasukan gol, maka Anda dalam masalah serius. Atau Anda harus melakukan perubahan selama pertandingan, dan Anda tidak pernah tahu bagaimana para pemain mengadaptasi strategi yang Anda terapkan itu."

"Soalnya, tidak semata-mata karena lawan menerapkan strategi tertentu, tetapi lebih bagaimana Anda mengubah filosofi bermain Anda. Kami akan coba memenangi pertandingan, meski kami dapat juga kalah atau beroleh hasil imbang. Tujuan kami yakni coba meraih kemenangan."

"Tujuan kami mampu melaju ke Liga Champions. Target itu benar-benar obyektif, karena target yang obyektif diharapkan mampu meningkatkan kemampuan tim, dan menciptakan masa depan tim yang gemilang."

Prakiraan susunan pemain:
Manchester City (4-2-3-1):
Hart (penjaga gawang), Clicht, Demichelis, Kompany, Zabaleta, Toure, Fernandinho, Navas, Jovetic, Silva, Negredo
Pemain cadangan:
Pantilimon, Rodwell, Lescott, Lopes, Kolarov, Nastasic, Dzeko

Chelsea (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang), Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta, Willian, Ramires, Lampard, Eto'o, Oscar, Hazard
Pemain cadangan:
Schwarzer, Schurrle, Luiz, A.Cole, Obi Mikel, Demba Ba, Matic

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester City 1-2 Chelsea (16,43 persen)
* Manchester City 3-1 Chelsea (12,9 persen)
* Manchester City 2-1 Chelsea (  7,45 persen)

Head to Head
English Premier League (EPL)
27 Okt 2013     Chelsea 2 - Manchester City 1
24 Feb 2013     Manchester City 2 - Chelsea 0     

Laga persahabatan(FRC)
25 May 2013     Manchester City 5 - Chelsea 3     
23 May 2013     Chelsea 3 - Manchester City 4     

Piala FA:     
14 April 2013     Chelsea 1 - Manchester City 2     

Lima laga terakhir:

Manchester City
29 Jan 2014    Tottenham 1 - Manchester City 5    EPL
25 Jan 2014    Manchester City 4 - Watford 2    FA
21 Jan 2014    West Ham 0 - Manchester City 3    CCUP
18 Jan 2014    Manchester City 4 - Cardiff City 2    EPL
15 Jan 2014    Manchester City 5 - Blackburn 0    FA

Chelsea  
29 Jan 2014    Chelsea 0 - West Ham 0    EPL
26 Jan 2014    Chelsea 1 - Stoke 0    FA
19 Jan 2014    Chelsea 3 - Manchester United 1    EPL
11 Jan 2014    Hull 0 - Chelsea 2    EPL
 5  Jan 2014    Derby 0 - Chelsea 2    FA

Narasi atas prediksi:
* Striker City Aguero bakal absen, karena ia masih mengalami cedera hamstring. Perlu pengobatan selama satu bulan. The Citizen berharap kepada ketajaman Toure. Sementara, gelandang Samir Nasri dan Javi Garcia belum dapat memperkuat timnya. Masing-masing dari mereka mengalami cedera lutut, dan cedera otot.
* Chelsea terus memantau kesiapan pemain sayap Mohamed Salah, yang direkrut dari basel. Pemain ini tidak diturunkan ketika melawan West Ham.
* Duel ini bakal berlangsung sengit. Manchester City digadang-gadang sebagai tim terbaik di bawah kolong langit ini, kata bos Tottenham Tim Sherwood.
* Pertandingan ini bukan tidak mungkin memanggungkan duel antara City yang terus menggempur lawan, sementara Chelsea merapatkan barisan pertahanan. Ini jelas-jelas adu etos kerja antara Pellegrini versus Mourinho.    
* Chelsea punya rekor tandang luar biasa. Bukan tidak mungkin Mourinho turun dengan formasi 4-3-3. Apakah Mou memang gagah perkasa ke Etihad Stadium dengan menerapkan pola menyerang ke kubu City?
* Pellegrini tampil sebagai sosok pelatih yang punya gaya pendekatan simpel. "Kami tidak bermain hanya untuk mencetak gol," katanya.
* City punya trio menakutkan, yakni Alvaro Negredo, Edin Dzeko, Yaya Toure. Chelsea bakal berhitung dengan triumvirat milik City ini.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Manchester City: 2
Chelsea: 1  

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014