Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi V DPR RI, Laurens Bahang Dama mengatakan, pihaknya akan mengundang Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan dan Bappenas guna membahas dan meminta laporan kerugian akibat banjir dan bencana alam lain yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

"Pekan-pekan ini, kita akan undang pemerintah guna mengetahui jumlah kerugian akibat banjir, ingin mengetahui rencana pemerintah mengatasi banjir dan bencana alam lain, termasuk soal kerugian akibat bencana tersebut," kata Laurens di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Dia memperkirakan, jumlah kerugian di bidang infrastruktur akibat banjir dan bencana alam lainnya mencapai puluhan triliun rupiah.

"Kita memperkirakan, kerugian akibat banjir sangat besar, mencapai puluhan triliun," kata Laurens.

Disarankannya, pemerintah harus secepatnya melakukan revitalisasi seperti revitalisasi infrastruktur, jalan, bendungan, normalisasi sungai, drainase, pembangunan tembok raksasa.

"Kita berharap, ada langkah segera yang bisa dilakukan guna mengurangi dampak akibat banjir dan bencana alam lainnya," kata politisi PAN.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014