KAI Daop 8 Surabaya luncurkan empat KA baru

KAI Daop 8 Surabaya luncurkan empat KA baru

logo PT KAI. (FOTO.ANTARA News)

Surabaya (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya memberangkatkan empat KA baru pada bulan Februari 2014 dengan berbagai tujuan di Jawa Timur.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sri Winarto, Selasa di Surabaya mengatakan, peluncuran empat KA baru itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi umum yang aman, nyaman serta bebas dari kemacetan jalan raya.

Empat KA baru itu meliputi KA Bima kelas eksekutif untuk tujuan Surabaya-Malang atau sebaliknya, dan mulai beroperasi Rabu (5/2) dengan kapasitas 250 tempat duduk serta waktu tempuh hanya 2 jam.

"Untuk tiket KA Bima Rp30 ribu, dan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 06.30 WIB sampai Stasiun Malang pukul 08.31 WIB. Kemudian berangkat lagi dari Stasiun Malang pukul 14.25 WIB sampai di Stasiun Surabaya gubeng pukul 16.27 WIB," katanya.

Dikatakannya, dalam perjalanannya KA Bima akan berhenti di tiga stasiun, masing-masing adalah Stasiun Sidoarjo, Lawang serta Malang.

Berikutnya, KA Sarangan kelas bisnis AC dengan tujuan Surabaya-Madiun atau sebaliknya dengan kapasitas 360 tempat duduk dan harga tiket sesuai jarak tempuh, seperti Surabaya-Kertosono Rp25 ribu, Surabaya-Madiun Rp40 ribu.

"Untuk KA Sarangan ini juga mulai beroperasi Rabu (5/2), dan berangkat dari Surabaya Gubeng pukul 07.00 WIB, sampai di Stasiun Madiun pukul 09.24 WIB. Kemudian berangkat lagi dari Stasiun Madiun pukul 13.45 WIB sampai di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 16.10 WIB," katanya.

Dalam perjalanannya, KA Sarangan akan berhenti di Stasiun Krian, Mojokerto, Jombang, Kertosono dan Madiun dengan waktu tempuh 2 jam 4 menit.

Selanjutnya, KA Probowangi kelas ekonomi AC dengan tujuan Surabaya-Probolinggo yang akan mulai beroperasi Rabu (5/2) dengan kapasitas 300 tempat duduk dan harga tiket Rp20 ribu.

"KA Probowangi ini berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 22.40 WIB dan sampai di Stasiun Probolinggo pukul 00.45 WIB. Sedangkan jadwal berangkat dari Stasiun Probolinggo pukul 19.30 WIB, sampai di Surabaya Gubeng pukul 21.24 WIB. Dan dalam perjalanannya, akan berhenti di Stasiun Sidoarjo, Bangil, Pasuruan dan Probolinggo dengan waktu tempuh 2 jam 5 menit," katanya.

Terakhir, adalah KA Maharani kelas ekonomi AC dengan tujuan Surabaya Pasar Turi-Cepu atau sebaliknya dengan kapasitas 700 tempat duduk.

Dikatakannya, KA Maharani akan mulai beroperasi pada tanggal 7 Februari 2014 dengan harga tiket Rp15 ribu, dan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 06.15 WIB dan sampai di Stasiun Cepu pukul 08.48 WIB.

Sedangkan jadwal berangkat dari Stasiun Cepu adalah pukul 09.20 WIB, sampai di Surabaya Pasar Turi pukul 11.40 WIB, sementara dalam perjalanannya KA Maharani akan berhenti di Stasiun Lamongan, Babat, Bojonegoro dan Cepu dengan waktu tempuh 2 jam 55 menit.

Untuk pemesanan tiket, bisa dilakukan di loket stasiun serta secara "on-line" melalui nomor telepon 121, atau melalui aplikasi android, blackberry serta beberapa bank seperti BRI, Mandiri, BII, BCA, BNI, BTN, Panin Bank, CIMB Niaga, BPR KS, OCBC NISP, BPD DIY, Bank Mega, BRI Syariah, Bank Mayapada, BJB, Bank Pundi, dan sejumlah pasar modern seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Alfa ekspress, Lawson, Kantor Pos dan agen penjualan resmi.

(KR-ZIZ/Z003)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar