Moskow, Rusia (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych akan membahas masalah krisis politik Ukraina dalam sebuah pertemuan di sela-sela upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Rusia di Kota Sochi pada Jumat (7/2), kata juru bicara Putin Dmitry Peskov pada Rabu.

"Dia (Yanukovych) memang akan berada di sana (Sochi) dan mereka (Putin dan Yanukovych) memang akan bertemu. Mereka juga akan membahas hubungan bilateral," kata Peskov, seperti dilaporkan AFP.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Ukraina Leonid Kozhara mengatakan Presiden Yanukovych telah berencana untuk melakukan perjalanan ke Sochi untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Rusia.

Presiden Yanukovych, yang dijadwalkan bertemu dengan Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton pada Rabu ini, telah berjuang selama dua bulan untuk menghadapi aksi protes terhadap pemerintahannya.

Ia pun telah menerima pengunduran diri perdana menteri dan seluruh kabinetnya dalam sebuah konsesi penting dengan kelompok oposisi.

Pada Desember lalu, Rusia berjanji akan memberikan paket dana talangan sebesar 15 miliar dolar AS (setara 11 miliar Euro) untuk menopang perekonomian negara ex-Soviet itu yang sedang dilanda resesi. Pemerintah Rusia juga telah menyalurkan dana awal senilai tiga miliar dolar AS.

Namun, pada minggu lalu, Putin memutuskan untuk menunda pemberian paket dana talangan itu sambil menunggu pembentukan pemerintahan baru di Ukraina.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, telah menyampaikan kemungkinan adanya bantuan keuangan dari Uni Eropa dan Amerika Serikat untuk Ukraina.

Akan tetapi, seorang diplomat Uni Eropa menilai nilai bantuan keuangan yang akan ditawarkan itu akan sulit bersaing dengan nilai paket bantuan yang ditawarkan Rusia.

(Y012)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014