Kalau naik mobil pribadi cuma 25 menit, kalo bus hampir satu jam
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) naik bus kota ke kantornya di Balaikota.

Ahok akhirnya rela melepas kendaraan pribadi dan naik bus bus kota terintegrasi busway (BKTB) tujuan Pantai Indah Kapuk-Monumen Nasional (Monas) dalam rangka "one day no car" sebagaimana diinstruksikan Gubernur Jokowi dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 150 Tahun 2013 tentang penggunaan kendaraan umum melarang pegawai negeri sipil DKI untuk menggunakan kendaraan pribadi ke kantor.

Seperti yang sudah dijanjikannya kemarin, Ahok berangkat menuju halte bus BKTB di depan Waduk Pluit menggunakan sepeda.

Ahok tiba di Balaikota sekitar pukul 08.30 WIB. Padahal,  Ahok akan dijadwalkan menerima Romo Baskoro (Kanisius) bersama beberapa pemerhati pendidikan pada pukul 09.00 WIB di ruangannya.

"Memang tadi saya agak telat juga berangkatnya. Tapi, memang lebih efisien pakai mobil pribadi. Kalau naik mobil pribadi cuma 25 menit, kalo bus hampir satu jam," kata Ahok sesampainya di Balaikota, Jumat.

Pada saat pertama kali Ingub No 150 Tahun 2013 diberlakukan Januari lalu, Ahok lebih memilih naik kendaraan pribadi dengan alasan efisiensi waktu.

"Kamu naik bus lamanya satu jam, kalau naik pribadi satu jam juga, kamu pilih mana? Kalau bus satu jam, pribadi satu setengah jam, ya orang juga akan tetap gunakan mobil pribadi," kata dia.

Terkait hal tersebut, Ahok ingin mendorong agar Dishub bisa membantu mewujudkan transportasi umum yang aman dan cepat.

"Memang dengan ini kita kampanyekan kelas menengah untuk naik bus. Asal Kadishub bisa pastikan yang di jalur-jalur busway yang berhimpitan dengan jalur Busway harus steril. Penyakit di koridor 1 itu hanya ada di Bunderan HI," katanya.

Sementara itu, seperti biasa, setiap hari Jumat Gubernur Jokowi pergi ke Balaikota dengan bersepeda.

Sekitar pukul 07.00 WIB, orang nomor satu di DKI Jakarta itu berangkat dari rumah dinas di Jalan Taman Surapati No.7 mengenakan kemeja batik kuningnya bersama rombongan komunitas "Bike to Work".

Kali ini, rute Jokowi berbeda dengan rute-rute sebelumnya. Dari Taman Surapati Jokowi dan rombongan menuju Jalan Surabaya lalau ke Jalan Diponegoro, Jalan Kramat Raya, Kwitang, lalu Monas dan langsung menuju Balaikota tanpa melewati Bunderan HI seperti sebelum-sebelumnya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014