London (ANTARA News) - West Ham United mengumumkan pada Senin bahwa mereka telah menyetujui kesepakatan dengan pengembang lokal untuk menjual Stadion Upton Park mereka di London timur saat mereka pindah ke Stadion Olimpiade pada 2016.

Sementara itu putri legenda West Ham Bobby Moore - kapten Inggris saat mereka menjuarai Piala Dunia pada 1966 - mengatakan bahwa pihak pengembang, Grup Galliard, berniat memberikan tugu peringatan permanen untuk ayahnya di situs Bloyn Ground - nama resmi Upton Park.

"Kami mencapai kesepakatan dengan Galliard karena mereka adalah pengembang lokal London dan memiliki pekerja yang berasal dari London timur," kata wakil presiden The Hammers Karren Brady seperti dilansir AFP.

"Kami tahu mereka berkomitmen untuk bekerja sangat dekat dengan komunitas lokal dan Dewan Newham pada proposal-proposal untuk mengubah situs itu menjadi aerah hunian dan perkampungan retail, yang akan memberi keuntungan bagi komunitas lokal dan ekonomi regional London timur."

"Kesepakatan ini mendemonstrasikan bahwa kami memiliki kebenaran dalam kata-kata kami untuk menyelamatkan regenerasi dua area di London timur, saat kami pindah ke Stadion Olimpiade pada 2016."

"Sebagai tambahan, dan yang paling penting bagi kami, kami dapat melihat bahwa Galliard memiliki hasrat untuk bekerja sama dengan West Ham United untuk melibatkan para pendukung mereka untuk memberikan warisan yang layak, yang akan menghormati tradisi tempat terkenal ini."

Ia menambahi, "Kami yakin para penggemar West Ham United akan gembira dengan visi mereka dan cara mereka merencanakan untuk menghargai lebih dari 100 tahun sejarah West Jam di Upton Park."

Patung-patung Moore, yang meninggal dunia karena kanker pada 1993, telah berada di luar Upton Park dan Wembley, stadion nasional Inggris di London utara.

Namun Roberta Moore mengatakan ia gembira dengan rencana-rencana untuk lebih menghargai ayahnya, yang kerap disebut sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia.

"Saya selalu percaya bahwa semestinya terdapat bentuk kehadiran permanen West Ham Unitd di situs Boleyn Ground setelah tim pergi dan saya sangat senang bahwa titik utama perkembangan ini direncanakan untuk dinamai sebagai bentuk penghormatan terhadap ayah saya," tuturnya.

"Mudah-mudahan patung-patung dan bangunan-bangunan baru akan membantu menjaga warisan abadi klub, ayah saya, dan rekan-rekan setimnya yang tersisa di Upton Park."

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014