London (ANTARA News) - Duta Besar Republik Indonesia (RI) di Roma August Parengkuan melakukan kunjungan kerja ke Firenze guna lebih mempererat hubungan RI dengan Italia.

Dalam kunjungan kerja itu Dubes Parengkuan menyampaikan informasi terkini kondisi perekonomian Indonesia dan prospeknya pada 2014, demikian penjelasan Penerangan, Sosial dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Pensosbud KBRI) di Roma Nindarsari Utomo kepada ANTARA News di London, Rabu.

Selain itu, August Parengkuan, yang mantan wartawan harian Kompas dan Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), juga menyampaikan gambaran umum demografi, geografi, ideologi, pendidikan, dunia usaha, pariwisata dan perekonomian Indonesia yang semakin membaik.

Di Firenze, kata Nindarsari, Dubes Parengkuan bertemu dengan President of the Region of Toscana, Enrico Rossi.

August Parengkuan, yang pernah menjadi Sekretaris Tetap Konfederasi Wartawan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (Confederation of ASEAB Journalists/CAJ),  juga menjelaskan berbagai hal menyangkut peluang kerja sama antara Indonesia dengan Italia pada umumnya, dan daerah Toscana pada khususnya.

Dubes Parengkuan, yang juga bertugas untuk Malta dan Siprus, menjelaskan pula berbagai peluang yang dapat dilakukan pengusaha Italia, maupun Toscana, bersama kalangan pebisnis di Indonesia yang mendapat dukungan pemerintahnya.

President of the Region of Toscana dalam kesempatan itu juga memaparkan potensi daerahnya di bidang ekonomi dan pendidikan, sekaligus menawarkan untuk mempelajari bahasa Italia secara intensif sebelum masuk ke dunia perkuliahan, khususnya bagi mahasiswa yang akan belajar di institusi pendidikan di wilayah setempat.

Rossi bahkan setuju dan sepenuhnya bersedia untuk menyelenggarakan seminar mengenai peluang bisnis yang akan mempertemukan para pengusaha Indonesia dengan pebisnis Toscana.

Ia juga menyatakan, akan melakukan kunjungan balasan kepada Duta Besar RI untuk Italia di Roma.

Dalam kesempatan tersebut Dubes August Parengkuan juga menemui Direktur Stasiun Televisi Radio Telivisione Italiana (RAI) wilayah Toscana.

Kedua pihak melihat potensi kerja sama di bidang pendidikan mengingat stasiun televisi itu merupakan satu-satunya di Italia yang memiliki kerja sama dengan universitas, yaitu Univeristas Firenze untuk menyelenggarakan program master di bidang desain komunikasi visual yang telah berlangsung selama lima belas tahun. (*)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014