Roma (ANTARA News) - Napoli mengalahkan AS Roma untuk pertama kalinya dalam tiga kesempatan bertemu musim ini setelah menang 3-0 untuk mencapai final Piala Italia dengan agregat 5-3.

Tiga gol dari Jose Callejon, Gonzalo Higuain dan Jorginho meretas jalan klub asuhan Rafael Benitez untuk menghadapi Fiorentina pada laga final di Roma 3 Mei nanti.

Kekalahan itu adalah kekalahan kedua Roma musim ini di bawah kepelatihan Rudi Garcia yang asal Prancis, setelah kalah 0-3 dari juara liga Juventus awal Januari lalu.  Pelatih ini harus mewaspadai lemahnya pertahanan timnya di Serie A yang juga menjadi bagian yang dimanfaatkan Napoli.

Frustasi mereka berada di puncaknya pada menit 80 ketika pemain impresif asal Belanda Kevin Strootman dikeluarkan karena dengan kasar mengejek kartu kuning yang dijatuhkan kepadanya.

Napoli yang tampil di bawah tatapan legendanya yang asal Argentina Diego Maradona, jarang mendapat ancaman, hanya Mattia Destro dan Gervinho yang sempat menyusahkan kiper Napoli.  Napoli berkesempatan untuk memenangkan Piala Italia keduanya dalam tiga kali final terakhir yang diikutinya.

Callejon membuka skor pada menit 33 setelah mengelabui dua bek tengah lawan, usai memanfaatkan tusukan playmaker Slowakia Marek Hamsik.

Higuain yang didatangkan dari Real Madrid musim panas lalu, menggandakan keunggulan tiga menit menjelang babak pertama usai lewat sundulan, sedangkan Jorginho yang baru didatangkan dari Verona mengubah skor menjadi 3-0 pada menit 51 setelah dirancang pemain timnas Belgia Dries Mertens.

Sehari sebelumnya Fiorentina maju selangkah untuk membuka jalan memenangkan trofi pertamanya sejak 2001 usai membekuk Udinese 2-0 dan menang agregat 3-2.

Gol dari kapten Manuel Pasqual dan bintang Kolombia Juan Cuadrado memastikan tempat tim ini di final turnamen tersebut.

11 tahun lalu Fiorentina harus terkapar di babak empat menyusul kesulitan keuangan yang hebat setelah kemudian ditolong oleh dua investor bersaudara Andrea dan Diego Della Valle, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014