Abu vulkanik menutup seluruh Kota Surabaya. Rumah warga, bahkan pesawat pun diselimuti abu vulkanik
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah penumpang yang hendak berangkat ke Jakarta tertahan di Bandara Juanda, Surabaya, akibat letusan Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis (13/2) malam.

"Pihak Bandara Juanda memutuskan seluruh penerbangan dari dan ke Bandara Juanda dibatalkan, sampai batas waktu yang tidak ditentukan," ujar salah seorang penumpang yang tertahan di Bandara Juanda, Ali Masykur Musa, kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Ali Masykur yang juga Ketua Umum PP Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) itu, hendak berangkat ke Jakarta dengan pesawat Garuda Indonesia 3250 tujuan Surabaya-Jakarta. Namun, penerbangan tersebut dibatalkan dikarenakan hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud tersebut.

"Abu vulkanik menutup seluruh Kota Surabaya. Rumah warga, bahkan pesawat pun diselimuti abu vulkanik."

Genaral Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Juanda Surabaya, Trikora Harjo, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan penerbangan kembali dibuka.

Sebanyak 41 jadwal penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sejumlah rute penerbangan yang tertunda itu antara lain, Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Makassar, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Banjarmasin, Surabaya-Semarang, Surabaya-Yogyakarta dan Surabaya-Hongkong.

Selain Bandara Juanda, dua bandara lainnya juga ditutup abu vulkanik yakni Bandara AdiSumarno di Solo dan Bandara AdiSutjipto di Yogyakarta.

Pewarta: Indriani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014