... mau tidak mau kami terbang besok saja. Ini alam, jadi tak ada yang bisa disalahkan... "
Batam, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Lion Air membatalkan penerbangan dari Batam ke Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang akibat sebaran abu vulkanik letusan Gunung Kelud. 

Gunung Kelud, di kawasan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, meletus pukul 22.56 dan 23.30 WIB Kamis malam (13/2). Dampak letusannya sampai Surabaya dan hembusan abu vulkaniknya hingga Tasikmalaya, Jawa Barat. 

"Hari ini tidak terbang. Kami diarahkan untuk ganti jadwal untuk hari Sabtu," kata pemakai jasa penerbangan Lion Air tujuan Yogyakarta, di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Yusron, Jumat.

Berdasarkan informasi dari maskapai, kata dia, bandara Adi Sucipto Yogyakarta tutup akibat diselimuti kabut asap. Visibilitas di bandar udara itu dilaporkan cuma 200 meter dari 2.000 meter yang menjadi syarat minimal. 

Ia mengatakan, sebelumnya telah membeli tiket ke Yogyarakata berdasarkan jadwal akan berangkat pukul 09.40 WIB. "Ya, mau tidak mau kami terbang besok saja. Ini alam, jadi tak ada yang bisa disalahkan," kata dia.

Penumpang lain, Martono yang hendak pulang ke Yogyakarta memilih terbang melalui Jakarta dan melanjutkan dengan kereta.

"Mau bagaimana lagi, saya pilih terbang dari Batam ke Jakarta saja. Dari Jakarta ke Yogyakarta bisa naik kereta," kata dia.

Ia mengatakan, maskapai memberikan pilihan penukaran tiket untuk jalur lain tanpa ada tambahan biaya. "Nggak ada tambahan biaya, tiket ditukar. Harganya nggak dihitung lagi," kata dia.

Hingga saat ini pihak Lion Air belum bisa dikonfirmasi. Sementara antrean penukaran tiket di Bandara Internasional Hang Nadim masih padat.

Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan ada peringatan larangan penerbangan ke tiga wilayah tersebut karena masih tertutup abu vulkanik.

"Penerbangan ke tiga wilayah itu untuk hari ini dibatalkan. Kami masih menunggu konfirmasi dari bandara terkait sebelum terbang," kata Direktur Pelayanan Terpadu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho.

Bandara Internasional Hang Nadim merupakan bandara yang dikelola BP Batam dan Kementerian Perhubungan, bukan PT Angkasa Pura layaknya bandara-bandara lain.

Bardasarkan jadwal, Lion Air seharusnya melayani penerbangan Batam ke Surabaya pukul 09.00 WIB, 13.45 WIB (lewat Bandung), dan 14.55 WIB.

Sementara tujuan Yogyakarta seharusnya berangkat pukul 09.40 WIB dan 15.00 WIB. Untuk tujuan Semarang pukul 09.45 WIB.

Hingga saat ini pesawat dari Yogyakarta yang sedianya mendarat pukul 09.00 WIB juga belum tiba di Batam, sementara dari Surabaya yang seharunya tiba pukul 10.15 WIB juga belum mendarat.

Pewarta: Larno
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014