Sleman (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan 60.000 karung plastik untuk dibagikan kepada masyarakat yang akan melakukan pembersihan abu vulkanik erupsi Gunung Kelud yang melanda wilayah setempat.

"Sebanyak 60 ribu karung plastik atau bagor siap dibagikan ke masyarakat melalui Kantor Kecamatan secara cuma-cuma," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Minggu.

Menurut dia, agar abu vulkanik tidak mengganggu draenase yang nantinya dapat menimbulkan masalah baru, masyarakat diminta untuk tidak membuang abu di draenase atau saluran irigasi.

"Abu vulkanik dimasukan dalam bagor yang bisa diambil di masing-masing kecamatan," katanya.

Ia mengatakan, pascahujan abu vulkanik Gunung Kelud, @emerintah Kabupaten Sleman memberikan apresiasi terhadap masyarakat Sleman yang telah bergerak secara gotong royong membersihkan lingkungannya.

"Diimbau agar masyarakat juga dapat ikut membantu membersihkan abu vulkanik yang berada di tepi jalan raya," katanya.

Endah mengatakan, semua PNS di lingkungan Pemkab Sleman, diminta untuk terlibat dalam kerjabakti pada Senin 17 Februari pada fasilitas-fasilitas publik, perkantoran di lingkungan Pemkab Sleman agar pelayanan publik segera dapat berjalan dengan normal.

"Diharapkan pelayanan publik di Sleman bisa segera pulih kembali," katanya. 

(V001/B012)

Pewarta: Victorianus SP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014