Milan (ANTARA News) - Dua pemain muda AS Roma, Mattia Destro dan Miralem Pjanic membawa timnya menang 3-0 dari Sampdoria dini hari tadi sekaligus membuat Roma terus menyaingi Juventus dalam memperebutkan titel juara Serie A.

Juara bertahan Juventus sebelumnya menang 3-1 dari Chievo di Turin untuk memperbesar selisih dari Roma yang menempati peringkat dua menjadi 12 poin.

Harapan Roma untuk memupus trauma tersingkir oleh Lazio pada final Piala Italia tahun lalu kandas setelah kalah 0-3 di leg kedua semifinal turnamen ini dari Napoli pertengahan pekan lalu.

"Saya kira setelah gagalnya kami di Piala Italia maka ada hilang hormat kepada tim saya, dari semua orang, dan malam ini kami memberi jawaban untuk itu," kata pelatih Roma Rudi Garcia kepada Sky Sport Italia.

"Kami berhasil, mencetak tiga gol dan tidak kemasukan. Kami sembilan poin di bawah Juve dengan kelebihan satu pertandingan, dan saya kira kami telah memperlihatkan betapa kuatnya kami."

Pada laga di mana kapten Francesco Totti merumput kembali untuk Giallorossi setelah cedera ini, Destro (22) akhirnya membawa tuan rumah unggul pada menit 44 setelah beberapa kali para pemain Roma menyianyikan peluang.

Kemudian, hanya sekitar sepuluh menit dari babak kedua Pjanic (23) menggandakan kemenangan Roma dari tendangan bebas menggeledek yang tak bisa dihalau kiper Sampdoria Junior Da Costa. Tiga menit kemudian pada menit 57 Destro mencetak gol keduanya untuk membawa Roma unggul 3-0.

Pada menit 80 bencana menimpa Sampdoria ketika Daniele Gastaldello diusir wasit setelah mengganjal keras Radja Nainggolan sehingga berujung kartu kuning kedua.

"Kami pantas kalah," kata pelatih Sampdoria Sinisa Mihajlovic kepada Sky Sport Italia. "Roma adalah klub hebat dengan para pemain top. Setelah gol kedua kami sudah tak lagi di permainan."

Beberapa saat sebelumnya Kwadwo Asamoah dan Claudio Marchisio membawa Juventus unggul 2-0 pada babak pertama sebelum Martin Caceres menciptakan gol bunuh diri namun kemudian Fernando Llorente mencetak gol ketiga Juve pada menit-menit terakhir.

Setelah nyaris kalah dari Verona pekan lalu untuk seri 2-2, manajer Juve Antonio Conte menandaskan fokus adalah kunci kemenangan timnya.

"Sulit menjaga intensitas sama selama 95 menit namun kami harus demikian karena kehilangan sedikit saja konsentrasi maka apa pun bisa terjadi," kata bos Juve ini kepada Sky Sport Italia.

Sementara itu peringkat tiga Napoli makin menjauhi Fiorentina dengan enam poin setelah menang 2-0 dari Sassuolo berkat gol Blerim Dzemaili dan Lorenzo Insigne, namun pada menit 71 harus kehilangan Gonzalo Higuain karena cedera punggung.

"Kita akan lihat seserius apa cederanya pada hari-hari mendatang," kata pelatih Rafael Benitez seperti dikutip AFP.  Napoli akan menghadapi Swansea pada babak 32 Besar Liga Europa Kamis nanti.

Hasil pertandingan Serie A selengkapnya:
Catania 3, Lazio 1
Atalanta 0, Parma 4
Cagliari 1, Livorno 2
Genoa 3, Udinese 3
Juventus 3, Chievo Verona 1
Sassuolo 0, Napoli 2
AS Roma 3, Sampdoria 0

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014