Buenos Aires (ANTARA News) - Paus Fransiskus ingin melakukan perjalanan mengelilingi dunia sebagai warga biasa Argentina dan tidak memanfaatkan keuntungannya sebagai warga utama negara kota Vatikan.

Pemimpin Gereja Katolik dunia dan mantan Kardinal di Buenos Aires itu meminta tanah kelahirannya memperpanjang paspor Argentina miliknya, kata Kementerian Dalam Negeri dan Perhubungan Argentina pada Senin (17/2).

"Paus Fransiskus sudah menyatakan tidak akan menggunakan keuntungan atas kedudukannya jadi kartu identitas dan paspornya diproses dengan jalur administrasi biasa," kata Menteri Florencio Randazzo.

"Dalam beberapa hari ia akan menerima paspornya di Casa Santa Martha di Vatican, tempatnya bermukim saat ini sebagai penduduk," kata Randazzo seperti dilansir kantor berita Reuters.

Paus Fransiskus memilih tinggal di rumah tamu kecil Vatikan ketimbang apartemen kepausan resmi, bagian dari pilihan gaya hidup sederhananya sejak diangkat menjadi paus tahun lalu.

Pemerintah Argentina, yang ikut menikmati popularitas sebagai negara asal paus, menerbitkan foto kartu identitas baru Paus Fransiskus pada Senin.

Namun Paus Fransiskus juga sudah memiliki paspor yang dikeluarkan oleh Vatikan, tambah Randazzo.

(Uu.M007)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014