Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Pol Oegroseno enggan berbicara mengenai penggantinya kelak seusai dirinya pensiun pada awal Maret 2014 dan tidak mau memprediksi siapa sosok yang layak meneruskan jabatan sebagai orang nomor dua di Polri.

"Oh saya enggak berani memprediksinya. Dulu pernah ada yang memprediksi (mengenai pengganti Wakapolri) tapi enggak jadi. Malah lebih bagus enggak diprediksi kan," kata Oegroseno di Gedung KPK, Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, dia mengatakan terdapat banyak sosok yang mampu menggantikannya kelak. "Banyak yang lebih bagus daripada saya," katanya.

Saat ditanya wartawan siapa orang yang lebih bagus itu dia menjawab,"Ya ada dong! Siapa? Ya yang tahu kan wartawan."

Sementara itu, sambil setengah bercanda dia mengatakan syarat utama yang harus dipenuhi oleh calon Wakapolri kelak adalah seorang dari jajaran dari Kepolisian. "Syaratnya Polri," kata Oegroseno.

"Banyak yang lebih bagus, semakin tahun semakin ke depan banyak yang lebih bagus daripada sekarang. Intinya saya tidak berani ke arah situ (meraba-raba siapa penganti saya). Nanti kan mendahului Yang Maha Kuasa," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol Sutarman mengatakan siapapun penerus dari Oegroseno adalah perwira yang telah menyandang bintang tiga sehingga dirinya tidak dapat secara khusus menyebut nama.

Sutarman juga meyakini suksesi kepemimpinan di tubuh Polri tidak akan mengganggu pengamanan Pemilu 2014.  (A061/Z003)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014