...pembukaan Piala Dunia merupakan keistimewaan dan kebanggaan bagi setiap tim
Florianopolis (ANTARA News) - Pelatih timnas Kroasia Niko Kovac, Rabu, mengatakan, ia bangga timnya akan bermain melawan tuan rumah Brazil pada pertandingan pembuka Piala Dunia dan berharap mereka menampilkan permainan terbaiknya.

"Sesaat setelah undian kami berkata bahwa pembukaan Piala Dunia merupakan keistimewaan dan kebanggaan bagi setiap tim," kata Kovac seperti dikutip AFP.

Ia berbicara di Florianopolis, Brazil, saat menghadiri lokakarya FIFA untuk Piala Dunia bersama pelatih-pelatih timnas lain yang menjadi peserta ajang besar empat tahunan ini.

"Kami bangga untuk ambil bagian pada pertandingan (melawan Brazil), atmosfer hebat menanti kami dan kami akan memberikan kemampuan maksimal untuk menampilkan Kroasia kepada dunia di tengah sorotan lampu terbaik," kata Kovac.

Ia menekankan bahwa pada pertandingan pembuka, yang akan dimainkan di Sao Paolo pada 12 Juni, "Brazil akan mendapat dukungan besar, bukan hanya di stadion namun juga dari 200 juta orang di depan televisi-televisi mereka."

"Namun di saat yang sama itu merupakan tekanan bagi tuan rumah yang dapat menjadi keuntungan bagi kami," katanya seperti dikutip AFP.

Kroasia, yang oleh para penggemarnya mendapat julukan "Vatreni" (Si Berapi-api), menghuni Grup A bersama Brazil, Kamerun, dan Meksiko.

"Brazil bukan hanya menjadi favorit di grup kami namun juga pada keseluruhan turnamen, sedangkan Kroasia, Meksiko, dan Kamerun akan bertarung untuk peringkat kedua yang berhak lolos (ke putaran berikutnya)," kata Kovac.

"Ini merupakan tim-tim kuat yang memiliki sisi baik dan buruk masing-masing, kami menganalisa mereka dan kami akan melakukan persiapan dengan baik," kata mantan kapten Kroasia berusia 42 tahun ini.

Prestasi terbaik Kroasia di Piala Dunia adalah peringkat ketiga pada 1998 di Prancis, namun mereka absen pada edisi terakhir di Afrika Selatan.

(H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014