Madrid (ANTARA News) - Real Madrid unggul tiga angka bersih di puncak klasemen Liga Spanyol setelah mereka mengalahkan Elche 3-0 pada Sabtu, dan Barcelona takluk 1-3 di markas Real Sociedad.

Asier Illarramendi membawa Real unggul sebelum turun minum namun baru pada menit ke-72 mereka mampu menggandakan keunggulan melalui sepakan keras jarak jauh Gareth Bale. Isco menambahi gol ketiga saat pertandingan tinggal menyisakan sembilan menit.

Luka Barca kembali terbuka dan kembali melalui serangan balik oleh tim Sociedad yang berniat membalas dendam atas tersingkirnya mereka di tangan tim Katalan itu dari Piala Raja.

Tim peringkat kelima Sociedad unggul melalui gol bunuh diri Alex Song sebelum Lionel Messi menyamakan kedudukan. Antoine Griezmann dan David Zurutuza kemudian mencetak gol setelah turun minum untuk memastikan kekalahan Barca.

Keadaan dapat menjadi lebih buruk bagi sang juara bertahan, ketika sepakan Carlos Vela membentur tiang gawang menjelang pertandingan usai.

"Kami tidak merasa nyaman dan menggenggam penguasaan bola yang merupakan kekuatan kami. Ini berarti mereka mendapatkan gol-gol pembuka," kata bek Barca Gerard Pique seperti dilansir Reuters

"Sekarang kami memiliki waktu istirahat selama sepakan dan kami dapat mempertimbangkan apa yang keliru. Kami hanya tertinggal tiga angka maka ini tidak begitu mengkhawatirkan."

Barca, yang pelatihnya Gerardo Martino juga harus diusir pada pergantian babak karena mengajukan keluhan kepada wasit, memiliki 60 angka dari 25 pertandingan.

Real memimpin klasemen dengan 63 angka namun Atletico Madrid dapat menyamai koleksi angka mereka dengan kemenangan di kandang Osasuna pada Minggu.

Illaramendi, yang menggantikan gelandang Luka Modric yang diskors, memecahkan kebuntuan bagi Real dengan sepakan yang mengecoh Manu del Moral dan kiper Manu Herrara pada menit ke-34.

Skors Ronaldo

Real tidak diperkuat Cristiano Ronaldo, yang menjalani pertandingan terakhir dari skors tiga pertandinganya, dan tanpa penyerang Portugal itu mereka kurang memiliki daya ledak di depan gawang saat berhadapan dengan Elche yang bertahan dengan solid.

Karim Benzema memaksa Herrera melakukan penyelamatan dini dan penyerang Prancis itu, bersama Angel Di Maria, terlihat berbahaya bagi Real namun mereka memerlukan sedikit keberuntungan dengan sepakan Illaramendi.

Pemain sayap Wales Bale, tampil tidak terlalu menonjol di sisi kanan, namun ia mampu mengeksplos permainan dengan tembakan keras yang bersarang di bawah mistar gawang untuk membuat Real memimpin 2-0.

Dengan rusaknya pertahanan tim peringkat ke-13 Elche, pemain pengganti Isco dapat mencetak gol ketiga bagi timnya.

"Saya puas sebab kami tidak kemasukan gol. Permainan kami dapat lebih baik lagi namun di fase musim seperti ini kami perlu menjadi solid dan itulah yang kami lakukan."

"Pada pertandingan-pertandingan ketat Modric memberi kami opsi-opsi namun Illarramendi tampil sangat baik," tambah pria Italia ini.

Di San Sebastian, Barcelona menemui kesulitan untuk menaklukkan Sociedad yang bermain dengan sangat terorganisir.

Tembakan Vela melambung sebelum tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-32 ketika umpan silang Sergio Canale dibelokkan Song ke gawangnya sendiri, saat pemain bertahan itu mendapat tekanan dari Gorka Elustondo.

Barca menyamakan kedudukan empat menit kemudian setelah Sergio Busquets mendapat operan dari Martin Montoya, dan bola diteruskan Messi yang melakukan penyelesaian dengan sempurna.

Sociedad terus membuka pertahanan statis Barca dan Vela mengirim umpan silang untuk dituntaskan Griezman, yang membuat skor menjadi 2-1 pada awal babak kedua.

Zurutura kemudian lepas dari perangkap offside sebelum meneruskan operan Griezmann.

Di tempat lain, Rafinha membuat Celta Vigo bermain imbang 1-1 dengan Getafe setelah Angel Lafita membawa tim tamu memimpin, sedangkan Almeria bermain imbang 0-0 dengan sesama tim papan bawah Malaga.

(Uu.C/H-RF/A008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014