Itu adalah tugas historis dan moral kita untuk menguraikan dan menyajikan bersama-sama dengan Amerika Serikat, Rusia dan organisasi-organisasi internasional yang kompeten untuk satu konsolidasi, proyek terpadu."
Budapest (ANTARA News) - Satu konferensi internasional harus diadakan untuk membahas bantuan keuangan kepada Ukraina guna menjaga negara itu dari jatuh ke dalam kekacauan dan kegagalan, kata Menteri Luar Negeri Yunani Evangelos Venizelos yang memegang presiden Uni Eropa saat ini, Senin.

"Itu adalah tugas historis dan moral kita untuk menguraikan dan menyajikan bersama-sama dengan Amerika Serikat, Rusia dan organisasi-organisasi internasional yang kompeten untuk satu konsolidasi, proyek terpadu," kata Evangelos Venizelos, lapor AFP.

"Satu konferensi internasional harus diadakan untuk membantu Ukraina menghindari kebangkrutan," kata Venizelos kepada wartawan di Budapest setelah bertemu dengan para menteri luar negeri Eropa tengah.

"Ini akan menghindari gangguan tersebut, kegagalan dan dekonstruksi Ukraina pada tingkat keuangan dan ekonomi," katanya.

Menteri keuangan sementara Ukraina Yuriy Kolobov Senin juga menyerukan konferensi donor internasional.

"Volume yang direncanakan dari bantuan makroekonomi untuk Ukraina bisa mencapai sekitar 35 milyar dolar AS (25 miliar euro)," pada akhir tahun depan, katanya.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, yang berada di Kiev untuk mendiskusikan dukungan Uni Eropa terhadap solusi yang langgeng Ukraina untuk krisis politik dan langkah-langkah untuk menstabilkan situasi ekonomi.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mendesak Rusia untuk terus untuk menawarkan bantuan keuangan ke Ukraina, dan mengatakan bahwa "tidak ada waktu untuk kalah" bagi negara yang dilanda krisis.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014