PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon Senin menyerukan pelestarian "persatuan Ukraina dan integritas teritorial" serta mengirim utusan ke Kiev, kata juru bicaranya Senin.

Ban menegaskan kembali imbauannya kepada semua pihak untuk menahan diri dari kekerasan dan "menegakkan prinsip-prinsip demokrasi dan hak-hak asasi manusia" ketika mereka maju untuk membentuk suasana kondusif untuk pemilihan umum yang bebas dan adil, kata juru bicara Martin Nesirky.

"Sekretaris Jenderal, di atas segalanya, menyerukan untuk proses politik inklusif yang mencerminkan aspirasi seluruh rakyat Ukraina dan mempertahankan kesatuan Ukraina serta integritas teritorialnya."

Nesirky mengatakan, Ban telah mengirim penasehat senior Robert Serry ke Kiev di mana ia bertemu dengan Ketua Parlemen Ukraina Oleksandr Turchynov.

Serry menyampaikan komitmen Ban untuk membantu terbentuknya satu "proses pemerintahan yang dipimpin rakyat Ukraina," katanya.

Turchynov terpilih sebagai pemimpin sementara Ukraina setelah penggulingan presiden Viktor Yanukovych sesudah tiga bulan protes dan pertumpahan darah pekan lalu yang diklaim merenggut hampir 100 jiwa.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014