Jakarta (ANTARA News) - Jens Keller mengatakan Real Madrid CF adalah tim kedua terbaik di dunia namun saat di Jerman mereka akan melawan beban sejarah, apalagi FC Schalke 04 tengah prima.

Dia yakin Schalke 04 bisa menarik sedikit mukjkizat jika tampil di puncaknya. Klub Bundesliga ini memang sedang menawan dengan melewati delapan pertandingan tanpa kalah dan hanya kebobolan dua gol.

Tapi Madrid juga sedang luar biasa dengan memenangi 15 dari 16 laga terakhirnya, satunya lagi seri. Selain itu pelatih Carlo Ancelotti mengingatkan bahwa Cristiano Ronaldo sedang punya motivasi ekstra.

SCHALKE
Jens Keller, pelatih Schalke

"Setelah Bayern, Real Madrid mungkin adalah tim terbaik kedua di dunia saat ini. Mereka punya pemain-pemain yang luar biasa di setiap posisi sehingga ini tidak akan menjadi pertandingan yang gampang. Tapi kami adalah tim kandang dan mesti berani; kami tak akan sembunyi. Untuk berhasil, semua pemain akan harus tampil 100%. Setelah itu mungkin bisa menarik sedikit mukjizat."

"Real ada di level yang berbeda, secara finansial, tapi karena Dortmund membuktikan bisa maju ke final tahun lalu, maka selalu ada peluang. Real Madrid punya tim yang luar biasa tapi kami juga tidak jelek. Kami pada kondisi yang sangat bagus, seperti bisa Anda saksikan dari hasil-hasil kami belakangan ini. Tapi itu bukan hanya hasil, namun juga cara dalam mana kami meraih hasil-hasil itu."

Keller menyebut Real sangat kuat di pertahanan dan bermain sangat agresif, namun klubnya akan memanfaatkan sejumlah kelemahan Real. "Seperti bisa Anda lihat dalam beberapa pekan terakhir, adalah sangat sulit menjebol kami. Clean sheet mesti menjadi tujuan kami."

Hasil pertandingan terakhir
Jumat pekan lalu: Schalke 0-0 FSV Mainz
Schalke menang enam kali dan dua kali seri pada delapan laga terakhirnya, sehingga meloncat ke urutan empat Bundesliga, hanya dua poin di bawah peringkat kedua klasemen Bundesliga.
Marco Höger, Christian Clemens, Atsuto Uchida dan Jan Kirchhoff absen karena cedera.

REAL MADRID
Carlo Ancelotti, pelatih Madrid

"Saya memprediksi sebuah pertandingan yang seru dan saya kira Schalke akan melakukan apa saja untuk menang. Kami tahu semua kualitas mereka. Mereka sangat terorganisasi, khususnya di belakang, dan punya keseimbangan baik antara para pemain muda berbakat seperti Max Meyer dan Julian Draxler, dengan para pemain kaya pengalaman seperti Klaas-Jan Huntelaar. Mereka memang tak memainkan sepakbola yang spektakuler namun mereka solid dan konsisten."

"Saya tak perlu bicara banyak soal para pemain saya, mereka ingin menang di semua kompetisi. Saat ini tim berada dalam kondisi bagus, namun kami harus bersiap untuk setiap pertandingan yang sangat metodis sehingga klami akan terus berlanjut."

"Ronaldo khususnya termotivasi karena dia siap bermain kembali (setelah larangan tiga kali bermain di liga). Dia amat sangat siap dan punya keseimbangan yang benar. Saya memperkirakan dia akan berada di penampilan puncak, secara mental maupun fisik."

Hasil pertandingan terakhir
Sabtu pekan lalu: Real Madrid 3-0 Elche CF
Asier Illarramendi mencetak gol pertamnya di La Liga untuk Madrid yang tak terkalahkan dalam 26 laga –menang 22 kali– perjalanan tanpa kekalahan paling lama dalam karir kepelatihan Carlo Ancelotti. Madrid memuncaki klasemen liga untuk pertama kalinya sejak Mei 2012.
Sami Khedira tak bisa main karena cedera saat timnas Jerman bermain seri 1-1 melawan Italia 15 November. Ronaldo kembali merumput, sedangkan Luka Modricćabsen karena larangan bermain.

Fakta pertandingan
Madrid telah 52 kali bertanding di kancah Eropa melawan sepuluh tim Jerman, namun ini adalah yang pertama kalinya mereka menghadapi Schalke. Mereka hanya sekali menang pada 25 laga tandangnya ke Jerman yang terdahulu dan inilah yang mendorong Keller mengatakan Schalke akan mencoba meneruskan rekor Jerman itu.

Sumber: UEFA.com.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014