Jakarta (ANTARA News) - Chelsea mengawali pertandingan dengan baik dengan tidak mengikuti jejak ketiga klub Inggris sebelumnya pada leg pertama 16 Besar Liga Champions melawan tuan rumah Galasaray, setelah unggul sementara 1-0 pada babak pertama.

Chelsea memang memulai laga dengan lamban, namun satu serangan balik nan cepat mengantarkan mereka unggul cepat 1-0 pada menit 9 dini hari ini.

César Azpilicueta yang bermain di sayap kiri mengirimkan umpan sempurna kepada Fernando Torres yang melepaskan tendangan ke gawang Galatasaray yang sudah terbuka. 1-0 untuk Chelsea.

Beberapa menit dari gol itu Didier Drogba mencoba menyamakan kedudukan, sedangkan Willian dan Torres juga terus melakukan tusukan untuk Chelsea tapi gagal dimentahkan kiper Fernando Muslera. Hakan Baita dan Izek Hajrovic juga melakukan upaya namun dimentahkan barisan belakang Chelsea.

Pada menit 31 pelatih Galasaray Roberto Mancini menarik Izek Hajrovic untuk digantikan Yekta Kurtulu.  Pemain berusia 22 tahun itu hanya bermain 30 menit pada debutnya di Liga Champions karena Mancini berusaha mengatasi defisit gol.

Chelsea mendapat tekanan hebat dari tuan rumah yang menguasai permainan dengan mendominasi sirkulasi bola 61 persen, sedangkan Chelsea hanya 39 persen atau praktis mengandalkan serangan balik.

Tapi The Blues bermain lebih efisien dengan lebih mengancam gawang Galatasaray lewat enam upaya menciptakan gol dengan empat diantaranya mengarah tepat gawang, sedangkan Galatasaray hanya tiga peluang dengan dua diantaranya mengarah tepat ke gawang.

Galatasaray memasang susunan yang menyerang dengan menempatkan dua striker dalam formasi 4-4-2, namun Chelsea juga menghadapinya dengan barisan tak kalah ofensif namun bisa menjadi berubah defensif menjadi 3-5-1 dengan menempatkan Torres dan Andre Schurrle di depan yang dilapis empat gelandang dalam formasi 4-4-2.

Susunan pemain
Galatasaray
: Fernando Muslera, Alex Telles, Aurelien Chedjou, Hakan Kadir Balta, Emmanuel Eboué, Felipe Melo, Selcuk Inan, Wesley Sneijder, Izek Hajrovic, Didier Drogba, Burak Yilmaz

Chelsea: Petr Cech, Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, César Azpilicueta, Ramires, Frank Lampard, Andre Schürrle, Eden Hazard, Willian, Fernando Torres

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014