Kualitas pendidikan di Indonesia harus ditingkatkan agar menciptakan generasi yang berdaya saing di tingkat global
Padang (ANTARA News) - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal yakin bahwa Indonesia akan menjadi raksasa di Benua Asia, namun harus ada strategi untuk mencapai tujuan itu.

"Sebanyak 75 persen masyarakat Indonesia harus menjadi kelas menengah, dan kemiskinan absolut harus menjadi nol," kata Dino pada acara orasi ilmiah "Visi Indonesia di Abad 21" di Universitas Bung Hatta di Padang, Sumbar, Kamis.

Dino mengatakan jumlah para pengusaha Indonesia harus meningkat dari 400 ribu menjadi empat juta orang. Selain itu menurut dia, inovasi harus menjadi DNA bagi setiap masyarakat Indonesia untuk maju.

"Industri manufaktur harus dikembangkan dan utama pendidikan di Indonesia harus dikembangkan," ujarnya.

Dia menilai hal utama yang perlu dilakukan Indonesia adalah menjamin terbukanya akses pendidikan kepada seluruh rakyat.

Menurut dia, Indonesia tidak akan menjadi raksasa Asia apabila kebanyakan masyarakat Indonesia tidak bisa menikmati akses pendidikan.

"Kualitas pendidikan di Indonesia harus ditingkatkan agar menciptakan generasi yang berdaya saing di tingkat global," tuturnya.

Dino berharap masyarakat Indonesia tidak pesimis dengan kondisi saat ini yang maraknya kasus korupsi di pemerintahan dan partai politik.

Dia mencontohkan negara Amerika Serikat, China dan beberapa negara Eropa terdapat kasus korupsi, namun berkembang menjadi negara raksasa ekonomi.

"Kita jangan menilai karena ada korupsi maka Indonesia tidak bisa menjadi negara raksasa. Namun, bukan saya setuju pembiaran adanya kasus korupsi di Indonesia," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014