Berdasarkan laporan dari pertemuan itu, telah dicapai kemajuan baik."
Teheran (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Para pejabat Iran memuji "kemajuan" dalam pembicaraan nuklir tingkat ahli belum lama ini, sementara itu Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa  (UE)Catherine Ashton melakukan kunjungan pertamanya ke Iran, Sabtu (8/3), demikian laporan media setempat pada Minggu.

Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Ali-Akbar Salehi, mengatakan "kemajuan baik" dicapai dalam babak paling akhir pembicaraan tingkat ahli antara Iran dan enam negara utama di Ibu Kota Austria, Wina.

"Berdasarkan laporan dari pertemuan itu, telah dicapai kemajuan baik. Jika pihak lain memperlihatkan itikad baik, maka akan ada hasil positif," kata Salehi.

Pembicaraan tingkat ahli tersebut, yang diselenggarakan dari 5 sampai dengan 7 Maret di Wina, Austria, bertujuan merancang kesepakatan akhir mengenai program nuklir kontroversial Iran, setelah kesepakatan sementara dicapai antara Iran dan Kelompok P5+1 pada 24 November 2013.

Salehi mendesak negara besar dunia agar meraih peluang itu dan memanfaatkan pembicaraan tersebut guna menyesaikan sengketa selama satu dasawarsa Barat dengan Iran mengenai program nuklir Negara Persia itu, demikian laporan Xinhua.

Sementara itu, Hamid Baeidinejad, pemimpin tim perunding nuklir tingkat ahli Iran, mengatakan sebelum babak baru pembicaraan nuklir tingkat tinggi tersebut di Wina --yang dirancang buat 18 Maret-- pembicaraan itu "bermanfaat" dan topik yang diajukan oleh kedua pihak dibahas selama pembicaraan "serius".

Pernyataan dikeluarkan oleh para pejabat nuklir Iran berbarengan dengan kedatangan Catherine Ashton di Teheran pada Sabtu guna membahas masalah nuklir Iran dan hubungan antara Iran dan Eropa.

Catherine Ashton dijadwalkan bertemu dengan presiden Iran, menteri luar negeri dan ketua parlemen selama ia berada di Teheran, kata media lokal.

Ali Mohammad Ali, seorang anggota Komite Perencanaan dan Anggaran di Parlemen Iran, Sabtu, mengatakan kunjungan Catherine Ashton akan membuka babak baru dalam dalam hubungan ekonomi bilateral antara Iran dan blok Eropa tersebut.

Seorang lagi anggota parlemen Iran mengatakan kunjungan Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa itu dapat memfasilitasi penerapan kesepakatan nuklir yang dicapai sebelumnya antara Iran dan negara besar dunia.

Catherine Ashton berada di Iran atas undangan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad-Javad Zarif. Ia dijadwalkan mengunjungi Kota Bersejarah Isfahan pada Senin.
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014