Paris (ANTARA News) - Pele mengatakan Brasil berkesempatan besar dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2014.

Legenda Selecao tersebut mengutarakan keyakinannya bahwa Piala Dunia 2014 akan mengesankan dan ia mendukung Luiz Felipe Scolari untuk menjawab tekanan besar yang ada pada skuad tim rumah Brasil.

"Ini adalah kesempatan besar. Ini akan fantastis untuk Brasil. Setelah kami memiliki pengalaman di Piala Konfederasi, pemerintah lebih terorganisir untuk merencanakan Piala Dunia. Jadi saya berharap kami akan mendapatkan Piala Dunia. Kami layak mendapatkannya," kata Pele kepada AFP dilansir dari laman FIFA (10/3).

Meskipun ia tidak mengaitkan dengan kekalahan tim Samba atas Uruguay pada final Piala Dunia 1950 di Brasil. Pele yang sukses mengantar Brasil memenangi Piala Dunia tiga kali pada 1958 , 1962 dan 1970 mengatakan turnamen pada tahun 1966 tidak terlupakan karena Brasil tersingkir di penyisihan grup.

Pele juga mengatakan tekanan anak asuh Scolari akan ada di pundak penyerang 22 tahun, Neymar.

"Ini adalah Piala Dunia pertama Neymar dan tidak ada yang tahu persis apa yang akan terjadi. Ini adalah tanggung jawab yang besar baginya ," kata Pele memenangkan Piala Dunia 1958 ketika usianya baru 17 tahun.

"Tapi hal yang terbaik bagi Neymar adalah bermain di Spanyol, bermain di Eropa adalah hal terbaik untuk Brasil. Seolah mengirim dia pergi ke universitas selama enam bulan dan kemudian pulang untuk bermain dengan Brasil, karena ia datang dengan pengalaman lebih. Itu fantastis baginya," kata Pele.

"Masalah tekanan bukan hanya masalah bagi Neymar. Ini adalah masalah bagi seluruh tim, tidak diragukan lagi. Tentu saja negara dan semua orang ingin menang," katanya.

"Di Brasil kami punya pengalaman buruk. Pada tahun 1950 ketika kami menjadi tuan rumah Piala Dunia dan kalah dari Uruguay. Sekarang masyarakat takut hal yang sama terjadi. Tapi saya pikir (Piala Dunia 2014) akan berbeda," katanya.

"Tiga bulan sebelum Piala Dunia ada dua sampai tiga tim yang sangat baik. Jerman, karena saya melihat mereka bermain berkali-kali. Spanyol, karena mereka memiliki tim yang sama selama delapan tahun, dan tentu saja Brazil.

"Tapi kita harus menghormati Italia dan di Amerika Selatan, Chile adalah tim terbaik saat ini. Piala Dunia selalu memberikan kejutan," kata Pele.

Brazil yang berada di grup A bersama Kroasia, Meksiko dan Kamerun berpotensi melawan Chile yang berada di Grup B.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014