Palangka Raya (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR RI mengunjungi sejumlah tempat di Palangka Raya untuk menggali aspirasi masyarakat maupun pelayanan yang dilaksanakan pemerintah di provinsi Kalimantan Tengah.

"Aspirasi ataupun kendala yang dihadapi pemerintah setempat akan disampaikan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait" kata Ketua Komisi X DPR RI Agus Hermanto di Palangka Raya, Senin.

Wakil rakyat dari berbagai provinsi di Indonesia itu mengunjungi Sekolah Dasar Negeri 11 Langkai Palangka Raya, SMP Negeri 2, SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 3 Palangka Raya, Universitas Palangka Raya, dengar pendapat dengan sejumlah Dinas dan Organisasi kepemudaan.

Berbagai pertanyaan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kalteng terkait dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, serta Perpustakaan Nasional.

"Pertanyaan itu sudah kami sampaikan sebelum datang ke Kalteng untuk mempercepat kunjungan dan mengkomunikasikan dengan Kementerian terkait saat rapat dengar pendapat," kata politisi dari Partai Demokrat tersebut.

Dia mengatakan, kunjungan kerja itu untuk mendapatkan masukan berupa data faktual tentang pelaksanaan pembangunan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga serta perpustakaan.

Selain itu, lanjut dia, mengawasi sejumlah program pemerintah Pusat maupun Provinsi dan Kabupaten Kota di Kalteng, apakah sudah berjalan sesuai ketentuan, transparan maupun akuntabel.

"Kami juga mengawasi kemampuan daya serap anggaran yang setidaknya minimal 90 persen dari pagu anggaran yang ditetapkan dan pengawasan pelaksanaan program guna mengurangi penyimpangan," kata Agus.

Pewarta: Jaya Wirawana Manurung
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014