Sosialisasi diharapkan semakin menyadarkan para pemilih pemula tentang pentingnya menggunakan hak suara karena Pemilu merupakan proses demokrasi yang menentukan arah jalannya pemerintahan dan kemajuan bangsa,"
Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho berharap sosialisasi Pemilu yang dilakukan secara intensif kepada kalangan pelajar sekolah menengah umum dan mahasiswa bisa meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pemula di daerah itu.

"Sosialisasi diharapkan semakin menyadarkan para pemilih pemula tentang pentingnya menggunakan hak suara karena Pemilu merupakan proses demokrasi yang menentukan arah jalannya pemerintahan dan kemajuan bangsa," kata Gubernur di Medan, Selasa.

Dia mengatakan hal itu saat membuka pendidikan politik pemilih muda yang bertajuk "Rock The Vote Indonesia" yang digelar atas kerja sama Center for Election dan Political Party (CEPP) FISIP USU dan Kementerian Dalam Negeri yang dihadiri para pelajar dan mahasiswa.

Kegiatan itu juga menghadirkan expo yang diikuti para calon legislatif maupun partai politik yang dimaksudkan sebagai wahana sosialisasi kepada pemilih muda serta seluruh pemangku kepentingan.

Menurut dia, dengan keikutsertaan pemilih pemula, maka partisipasi pemilih yang trennya menurun dalam Pemilu sebelumnya bisa naik lagi di tahun ini.

"Target jumlah partisipasi pemilih hingga 75 persen di Pemilu 2014 harus didukung karena hasil Pemilu juga sangat menentukan nasib bangsa dan rakyat ke depan," katanya.

Gubernur juga berharap para caleg dan parpol terus mensosialisaiskan Pemilu kepada pemilih pemula, meski waktu Pemilu sudah dekat.

"Peran caleg dan parpol untuk menarik suara pemilih pemula sangat besar," katanya.

Anggota KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan KPU telah mendata seluruh warga Sumut yang memiliki hak pilih sesuai undang-undang untuk dimasukkan ke dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Diharapkan, semua masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas, katanya.(*)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014