Selama ini aspirasi pekerja tidak tersalurkan, sehingga banyak pelanggaran-pelanggaran hukum yang terjadi karena kurangnya perhatian pemerintah dan anggota parlemen...
Pangkalpinang (ANTARA News) - Calon anggota legislatif (caleg) perempuan dari Partai Bulan Bintang (PBB) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Eka Sri Handayani menyatakan akan memperjuangkan hak dasar dan kepentingan buruh di daerah itu.

"Selama ini masih banyak hak dasar buruh yang tidak terlindugi karena masih kurangnya pengawasan dari pemerintah daerah dan DPRD," kata caleg DPRD Provinsi Babel dari daerah pemilihan Kabupaten Bangka, di Pangkalpinang, Rabu.

Eka Sri Handayani yang juga Wakil Sekretaris DPD KSPSI Babel itu bertekad membela dan melindungi hak-hak serta kepentingan pekerja atau buruh berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Ia juga menyatakan akan menyalurkan setiap aspirasi para pekerja di daerah itu.

"Selama ini aspirasi pekerja tidak tersalurkan, sehingga banyak pelanggaran-pelanggaran hukum yang terjadi karena kurangnya perhatian pemerintah dan anggota parlemen terhadap kasus yang mereka alami," ujarnya.

Selain itu, Eka yang juga Ketua DPD FSP NIBA SPSI Babel dan anggota Dewan Pengupahan Babel itu juga menyatakan akan mendorong dan menggerakkan peran pekerja untuk ikut menata ekonomi demi peningkatan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

"Dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja ini diperlukan pengembangan profesionalisme dan kualitas pekerja, sehingga akan terbentuk hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan," ujarnya.

Menurut dia, pekerja sebagai warga negara mempunyai persamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan, termasuk hak untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, hak mengeluarkan pendapat, berkumpul, berserikat dan hak berorganisasi.

"Hak berserikat bagi pekerja ini sudah diakui sebagai hak dasar dalam tata hubungan industrial sebagaimana yang tertuang dalam Konvensi ILO yang sudah diratifikasi oleh Indonesia menjadi bagian dan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, setiap pekerja harus diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendirikan dan menjadi anggota serikat pekerja.

"Serikat pekerja ini merupakan sarana memperjuangkan kepentingan dan meningkatkan kesejateraan buruh dan keluarganya," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak para pekerja, buruh, nelayan dan masyarakat untuk mendukung perjuangan tersebut di DPRD Babel periode 2014-2019.

"Mari kita bersatu untuk berjuang demi kemajuan dan kesejahteraan bersama para pekerja, petani dan nelayan," ujarnya.

(KR-ARS)

Pewarta: Aprionis
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014