Jakarta (ANTARA News) - Pawai kampanye damai oleh peserta Pemilu akan digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia, pada Sabtu (15/3), menjelang pelaksanaan kampanye rapat umum terbuka, kata Komisioner Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Jakarta, Rabu.

"Pawai kampanye damai digelar tidak hanya di Jakarta saja, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia pada Sabtu. Itu sekaligus menjadi gaung sosialisasi Pemilu kepada masyarakat," kata Ferry.

Melalui pawai kampanye damai tersebut, para peserta Pemilu diharapkan memberikan komitmen untuk menjaga perdamaian dan keamanan selama berkampanye.

Untuk di Jakarta, pawai kampanye damai dilakukan setelah Deklarasi Pemilu Berintegritas di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Deklarasi itu sendiri dijadwalkan mulai pukul 12.00 WIB dengan menghadirkan perwakilan pimpinan partai politik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Kami berharap ketua umum dari seluruh parpol dapat turut hadir menandatangani Deklarasi tersebut. Sehingga dapat menjadi komitmen bagi kader mereka di daerah," kata Komisioner Arief Budiman.

Deklarasi Pemilu Berintegritas tersebut, lanjut Arief, menjadi kontrak politik di antara penyelenggara dan peserta Pemilu untuk dapat menyelenggarakan Pemilu yang jujur, adil, bersih, dan berkualitas.

"Itu kontrak bagi kita semua untuk bisa menyelenggarakan Pemilu berkualitas dan berintegritas. Ketika itu ditandatangani oleh para pimpinan partai, maka mereka bertanggung jawab untuk menginformasikannya kepada seluruh konsituten di daerah," ujarnya.

Rute pawai kampanye damai di Jakarta akan dimulai dari Silang Monas menuju Bundaran Senayan dan berakhir kembali di Monas.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014