Gorontalo (ANTARA News) - Calon anggota legislatif (caleg) Kota Gorontalo dari Partai Bulan Bintang (PBB) Filya Darise, menilai perempuan memiliki tiga kelebihan dalam berpolitik dibanding lelaki.

"Kelebihan pertama perempuan lebih sensitif perasaannya, kelebihan ini bermanfaat ketika duduk di kursi DPR maupun DPRD yakni lebih memahami dan tersentuh dengan kondisi warga yang dilihatnya," kata ibu satu anak tersebut, Rabu.

Kelebihan kedua menurut  adalah perempuan lebih bertanggungjawab dalam menyelesaikan setiap masalah maupun aspirasi yang disampaikan masyarakat.

Sementara kelebihan lainnya yakni perempuan biasanya lebih rajin sehingga bisa diandalkan dalam pencapaian target kinerja.

Caleg nomor urut dua daerah pemilihan Dombo Raya dan Kota Timur tersebut mengungkapkan tiga kelebihan tersebut, biasanya cukup menonjol pada anggota DPRD perempuan yang duduk saat ini.

"Saya banyak belajar dari para politisi perempuan dan juga orang tua saya yang sejak dulu menggeluti bidang ini. Dengan pengalaman mereka, saya bisa menonjolkan kelebihan perempuan dan meminimalisir kekurangan perempuan,"

Selain itu, alasan lainnya ia tertarik terjun ke bidang politik karena sebagian perempuan masih termarginalkan dalam berbagai bidang.

Padahal, lanjutnya, peran perempuan sangat berpengaruh dalam proses pembangunan, contohnya yakni kontribusi pedagang perempuan dalam perekonomian daerah.

"Pedagang besar maupun kecil saat ini banyak dari kaum perempuan dan memajukan perekonomian daerah, pemerintah tak seharusnya menutup mata dengan kondisi ini," katanya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014