Kedua pesawat itu disewa selama musim kampanye dan baru digunakan mulai hari ini.
Jakarta (ANTARA News) - PDI Perjuangan menyewa dua pesawat khusus yang diberi nama "Indonesia Hebat!" selama masa kampanye terbuka Pemilu Legislatif 2014.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Senin, mengatakan kedua pesawat tersebut disewa dari sebuah maskapai penerbangan swasta nasional.

"Kedua pesawat itu disewa selama musim kampanye dan baru digunakan mulai hari ini," kata Hasto setelah kembali dari kampanye di Surabaya menggunakan pesawat tersebut.

Kedua pesawat tersebut, yang satu berbadan besar yakni jenis Boeing 737-800 namun di dalamnya terdapat 58 tempat duduk meliputi, 16 tempat duduk kelas bisnis dan 42 tempat duduk kelas ekonomi.

Satu pesawat lainnya adalah pesawat berbadan kecil dengan mesin semi-jet.

Kedua pesawat tersebut di bagian luar di pasang tulisan "Indonesia Hebat!" yang merupakan jargon PDI Perjuangan.

"Tulisan jargon itu hanya tempelan selama musim kampanye," katanya.

Ketika ditanya berapa biaya sewa kedua pedsawat tersebut, Hasto mengatakan, tidak mengetahuinya karena hal itu diatur oleh tim bendahara partai dan telah dilaporkan ke KPU.

Pada kampanye akbar perdana PDI Perjuangan di lapangan Gelora Pancasila Surabaya, Senin, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan dan rombongan menggunakan kedua pesawat khusus tersebut yang berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandara Juanda Surbaya pada pagi hari.

Kemudian sore harinya, pesawat berbodi besar yang membawa sekitar 30-an wartawan kembali ke Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

(R024)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014