berdasarkan analisis pendahuluan pencarian, masih belum terdapat penampakan dari pesawat yang dimaksud dalam radar negara-negara tersebut.
Jakarta (ANTARA News) - Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang menghilang sejak 8 Maret 2014 tidak ada penampakan di koridor utara zona pencarian.

Pihak pemerintah Malaysia telah mengeluarkan nota diplomatik ke negara-negara terkait di koridor utara zona pencarian, yang didominasi kawasan daratan benua Asia. Demikian siaran pers Malaysia Airlines yang diterima di Jakarta, Minggu.

Pihak Malaysia mengkonfirmasikan bahwa China, India, Pakistan, Myanmar, Laos, Kirgistan, dan Kazakshstan telah menyampaikan jawaban verbal sebagai respon nota diplomatik tersebut.

Isi dari jawaban verbal tersebut adalah berdasarkan analisis pendahuluan pencarian, masih belum terdapat penampakan dari pesawat yang dimaksud dalam radar negara-negara tersebut.

Pihak Malaysia menegaskan bahwa upaya diplomasi, logistik, dan teknis untuk pencarian MH370 akan terus ditingkatkan dan tetap menggunakan berbagai cara untuk melakukan pencarian di koridor yang telah ditentukan.

Sebagaimana diketahui, selain di koridor utara, pencarian juga dilakukan di koridor selatan yang didominasi oleh kawasan perairan Samudera Hindia.

(M040)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014