Beijing (ANTARA News) - Terlalu banyak menambahkan garam pada makanan dapat mempercepat penuaan sel, terutama pada remaja yang kelebihan berat badan.

"Menurunkan asupan natrium, terutama jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, dapat memperlambat proses penuaan sel yang memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit jantung," kata ketua peneliti dan Asisten Profesor Pediatri di Medical College of Georgia, Georgia Regents University in Augusta, GA, Haidong Zhu, seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Studi ini meneliti efek dari garam yang tinggi terhadap panjang telomere -- ujung pelindung kromosom --  dikaitkan dengan berat badan.

Berdasarkan studi ini, para peneliti menemukan ukuran telomere yang lebih pendek pada remaja yang punya kelebihan berat badan.

Meskipun peneliti menemukan hubungan antara mengonsumsi makanan asin dan penuaan sel lebih cepat, mereka tidak membuktikan hubungan sebab-akibat antara keduanya.

"Ini adalah penelitian awal, dan perlu direplikasi. Tapi temuan menunjukkan bahwa dampak asupan natrium tinggi proses pemendekan telomere," kata Zhu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014