Karawang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Subang, Jawa Barat, menemukan ratusan ribu lembar surat suara Pemilihan Umum Legislatif mengalami kerusakan setelah dilakukan penyortiran.

"Adanya ratusan ribu lembar surat suara yang rusak itu sudah dilaporkan ke KPU Jabar dan KPU Pusat. Laporan itu disampaikan agar segera diganti surat suara yang mengalami kerusakan itu," katanya, saat dihubungi, Selasa.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Cece Rahman mengatakan, sesuai dengan laporan yang diterima, petugas menemukan 104.868 lembar surat suara rusak, dari total 4.685.202 surat suara yang diterima.

Dari ratusan ribu lembar surat suara yang mengalami kerusakan itu, sebanyak 14.074 lembar surat suara calon DPR RI rusak. Sedangkan surat suara calon DPRD Subang terdapat 10.180 lembar yang rusak.

Untuk surat suara calon DPRD Provinsi Jawa Barat yang mengalami kerusakan sebanyak 63.053 lembar dan sebanyak 17.561 lembar surat suara DPD yang rusak.

Dikatakannya, permasalahan logistik Pemilihan Umum Legislatif 2014 di Subang tidak hanya surat suara yang rusak. KPU Subang juga hingga kini masih kekurangan 300 buah kotak suara.

Ia mengakui akibat permasalahan logistik Pemilu Legislatif itu, pihaknya belum melakukan pendistribusian logistik ke berbagai daerah sekitar Subang.

Sejumlah logistik Pemilu Legislatif itu rencananya baru mulai didistribusikan ke berbagai daerah mulai 26 atau 27 Maret 2014.  (MAK/A029)

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014