Makanya kami meminta kepada atlet untuk mengirimkan akun yang valid supaya tidak mengganggu proses pengiriman. Pengiriman akan langsung dilakukan Kementerian Keuangan,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menegaskan jika bonus untuk atlet SEA Games dan Paragames akan dikirim ke rekening masing-masing atlet yang yang berprestasi.

"Makanya kami meminta kepada atlet untuk mengirimkan akun yang valid supaya tidak mengganggu proses pengiriman. Pengiriman akan langsung dilakukan Kementerian Keuangan," kata Roy Suryo di sela pelatihan pejabat eselon I di Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu.

Menurut dia, proses pencairan bonus bagi atlet ini sudah mendapatkan titik terang. Bahkan pihaknya ikut memantau prosesnya bersama Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Joko Pekik.

"Kami terus berusaha akan secepatnya cair. Kemungkinan bonus akan cair pada pekan kedua bulan April," kata pria yang juga ahli telematika itu.

Roy Suryo menjelaskan, untuk bonus atlet dan pelatih berprestasi pada SEA Games dan Paragames 2013 di Myanmar pihaknya menyiapkan dana sekitar Rp90 miliar yang sudah dianggarkan di APBN.

Pemberian bonus pada atlet berprestasi ini terus mengalami penundaan. Hal ini terjadi karena proses pencairan lama dan pada awalnya Kemenpora tidak menganggarkan untuk bonus. Namun, seiring perjalanan waktu akhirnya diajukan lewat APBN-P.

Atlet yang berprestasi di SEA Games 2013 kemungkinan besar akan mendapatkan bonus yang sama saat SEA Games 2011. Peraih emas akan mendapatkan Rp200 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juta.

Jika bonus atlet tetap, peningkatan bonus akan diberikan kepada pelatih. Khusus untuk bonus atlet berprestasi pada SEA Games 2013, anggaran yang disiapkan mencapai Rp44 miliar.

Peningkatan jumlah bonus juga diberikan pada atlet yang berprestasi di Paragames. Hal ini diberikan karena kontingen atlet difabel Indonesia mampu menjadi juara umum kejuaraan yang merupakan rangkaian SEA Games itu.

Untuk atlet yang berprestasi di Paragames akan digelontor bonus Rp100 juta untuk peraih emas, Rp45 untuk perak dan Rp25 untuk perunggu. Bonus juga diberikan kepada pelatih yang sukses membawa atletnya meraih prestasi tertinggi.

Sebelumnya bonus bagi atlet yang berprestasi pada ASEAN Paragames 2011 di Surakarta hanya Rp50 juta untuk emas, Rp20 juta untuk perak dan Rp10 untuk perunggu.

(B016/Y008)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014