Madrid (ANTARA News) - Barcelona naik ke puncak klasemen Liga Spanyol berkat kemenangan 3-0 atas Celta Vigo tapi pekerjaan mereka terusik oleh cedera yang terlihat serius yang menimpa kiper Victor Valdes.

Neymar mencetak gol untuk membuka keunggulan tuan rumah sebelum Valdes rubuh di lapangan setelah melakukan penyelamatan sambil memegangi lutut kanannya, lapor AFP.

Pemain internasional Spanyol itu berlinang air mata ketika ia ditandu keluar lapangan, dan kemungkinan telah memainkan pertandingan terakhirnya untuk klub setelah memberi sinyal bahwa dirinya tidak berminat memperbarui kontrak pada akhir musim.

Cedera tersebut juga dapat membuat ia absen di Piala Dunia.

Lionel Messi meneruskan permainan bagusnya untuk mengubah skor menjadi 2-0 dari umpan indah Andres Iniesta pada menit ke-30, sebelum Neymar menutup kemenangan Barca dengan golnya keduanya saat pertandingan menyisakan 23 menit lagi.

Barca sekarang unggul dua angka atas Atletico Madrid dan Real Madrid, namun kedua tim ibukota itu baru bertanding pada Rabu malam melawan Granada dan Sevilla.

Terdongkrak semangatnya oleh kemenangan 4-3 atas Real pada Minggu yang membuat mereka kembali ke jalur perebutan gelar, Barca memulai pertandingan dengan sangat baik ketika Messi dinyatakan berada dalam posisi "offside" ketika ia berpikir dirinya telah mencetak gol pembuka dari umpan terobosan Iniesta.

Tuan rumah hanya memerlukan 60 detik berikutnya untuk unggul ketika Messi memberi umpan kepada Alexis Sanchez dan umpan silangnya dituntaskan Neymar dengan sepakan ringan untuk menggulirkan bola ke gawang yang kosong.

Pemain Brazil itu kemudian menembakkan bola ke bagian sisi gawang dari operan lain yang dikirimkan Messi, ketika Barca menyiksa pertahanan tim tamu melalui serangan balik sebelum Yoel Rodriguez melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Messi, sebelum ia kembali berhadapan dalam duel satu-lawan-satu dengan Iniesta.

Malang bagi Barca, momen paling dikenang pada pertandingan ini terjadi pada pertengahan babak pertama ketika Valdes terlihat mengalami cedera pada lutut ketika berusaha menguasai tendangan bebas Fabian Orellana.

Klub mengatakan pemain 32 tahun itu segera dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lanjutan, namun media Spanyol melaporkan Valdes dapat absen sampai enam bulan yang membuat dirinya menepi sampai akhir musim dan melewatkan Piala Dunia.

Messi menggandakan keunggulan timnya tujuh menit kemudian, ketika ia akhirnya menuntaskan umpan lain dari Iniesta untuk menjadi gol kedelapannya dari empat pertandingan terakhirnya.

Barca harus berterima kasih kepada pengganti Valdes, Jose Manuel Pinto, sembilan menit setelah turun minum ketika ia melakukan penyelamatan ganda dari ancaman yang diberikan Augusto Fernandez dan Santi Mina.

Dan Neymar kemudian mengunci tiga angka setelah Celta sempat menekan beberapa saat setelah menit ke-60, ketika ia mengendalikan operan Sanchez dan mengecoh dua pemain bertahan sebelum melepaskan sepakan kaki kiri ke sudut jauh.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014